Cara Mengatasi Force Close

3 min read

Mengatasi Force Close “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di Android – Tentu saja, bagi Anda semua pengguna android telah mengalami aplikasi tertutup secara paksa atau sering disebut force close. Keadaan ini sering terjadi secara tiba-tiba.

Apa Itu Force Close?

Force Close adalah keadaan dimana ponsel atau gaged tidak merespon aplikasi yang dijalankan.

Kejadian ini tentu saja akan membuat Anda merasa terganggu, terutama ketika Anda bersenang-senang memainkan ponsel pintar Anda untuk bermain game.

Kejadian ini merupakan peristiwa yang cukup sering dialami oleh beberapa pengguna android.

Ketika Anda membuka aplikasi atau game dan tiba-tiba aplikasi ditutup dengan paksa itu biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

Penyebab Terjadi nya Force Close

Ada beberapa hal yang menyebabkan pesan kesalahan muncul “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” atau sering di sebut force close, sebagai berikut:

1. File Cache/Sampah

File dalam cache dari aplikasi dan game yang ada di ponsel Anda yang dibiarkan dan tidak dihapus dapat menyebabkan kinerja ponsel Anda menjadi lambat dan lambat.

Inilah yang dapat menyebabkan aplikasi yang Anda gunakan untuk ditutup tiba-tiba.

2. RAM Android Penuh

RAM Android penuh juga bisa menjadi penyebab aplikasi yang Anda gunakan tiba-tiba ditutup. Ini terjadi karena RAM Android Anda tidak kuat atau tidak dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan di Android Anda.

Karenanya Anda tidak dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

3. Koneksi Internet Terputus / Lambat

Saat Anda bermain game online atau streaming video, tentu saja Anda membutuhkan koneksi internet. Ketika koneksi internet Anda tiba-tiba turun atau menjadi lambat, bisa jadi aplikasi yang Anda buka tiba-tiba menutup.

4. Aplikasi Tidak Kompatibel

Ada banyak aplikasi Andoid di Google Play Store, tetapi tidak semua aplikasi mendukung semua ponsel Android.

Ada beberapa aplikasi yang tidak dapat digunakan di beberapa merek atau tipe Android. Saat Anda memaksa untuk menginstal aplikasi di ponsel Android, aplikasi akan keluar secara tiba-tiba saat digunakan.

Itulah beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan aplikasi keluar secara tiba-tiba. Jika Anda merasa bahwa penyebab di atas wajar, maka Anda tidak perlu khawatir.

Kali ini Saya akan memberikan beberapa metode untuk mengtasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di ponsel Android.

Ok, silakan merujuk ke artikel berikut dan coba satu per satu mulai dari cara pertama.

Cara Mengatasi Force Close

Cara Mengatasi Force Close

Metode yang Saya jelaskan selanjutnya tidak sepenuhnya berhasil, tetapi tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan metode berikut ketika Anda mengalami masalah di atas.

1. Hapus Cache Aplikasi

Cara pertama dan termudah yang dapat Anda gunakan adalah menghapus cache yang ada di ponsel Android Anda. Seperti yang Anda semua tahu bahwa cache yang ditinggalkan sendiri dan menumpuk dapat membuat kinerja ponsel Anda lambat dan lambat.

Bahkan ini juga dapat mengakibatkan aplikasi yang Anda buka ditutup paksa saat digunakan. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba menghilangkan sampah pada ponsel Anda.

Anda dapat melakukannya secara manual atau menggunakan aplikasi pembersihan di Google Play Store. Berikut cara menghapus cache secara manual di Android:

Masuk ke Pengaturan >> Aplikasi yang Diinstal >> Cari “Nama Aplikasi” >> Hapus data >> Hapus cache.

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Cara lain yang dapat Anda coba ketika mengalami masalah aplikasi yang menutup secara tiba-tiba dan pesan kesalahan “sayangnya, aplikasi telah berhenti” adalah menghentikan aplikasi dengan paksa melalui pengaturan dan menghapus data aplikasi.

Metode ini biasanya cukup kuat untuk mengatasi masalah yang satu ini. Tetapi Anda perlu tahu bahwa dengan menghapus data, data aplikasi di ponsel Anda akan hilang dan kembali normal.

Jadi Anda harus berpikir dengan hati-hati dan saya sarankan Anda harus membuat cadangan data terlebih dahulu. Berikut cara memaksa menghentikan aplikasi dan menghapus data:

Buka menu Pengaturan >> Aplikasi yang terinstal >> Cari “Nama Aplikasi” >> Hapus data >> Hapus semua data.

3. Pembaruan Aplikasi

Jika setelah Anda mencoba dua metode di atas tetapi masih tidak berhasil, maka Anda dapat mencoba memperbarui aplikasi yang sering keluar secara tidak terduga.

Karena versi aplikasi mungkin sudah lama ketinggalan dan perlu diperbarui ke versi terbaru.

Anda dapat memperbarui melalui Google Play Store atau dengan mengunduh file aplikasi terbaru dari aplikasi yang sering keluar secara tidak terduga.

Saya menyarankan untuk melakukan pembaruan melalui Google Play Store sehingga keamanan terjamin.

4. Instal ulang Aplikasi

Masih tidak bekerja? Kemudian Anda dapat mencoba untuk menghapus aplikasi dan kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang dapat Anda unduh di Google Play Store.

Cara tersebut bisa menjadi alternatif bagi Anda jika masalah aplikasi yang keluar tiba-tiba tidak berfungsi, karena mungkin aplikasi di ponsel Anda adalah masalah dan perlu diganti.

Metode ini paling berhasil untuk menangani aplikasi yang error dan sering keluar tiba-tiba, artikel Anda telah mengganti aplikasi dengan yang baru.

Untuk cara uninstall aplikasi ini sangat mudah, berikut adalah tutorialnya:

Buka menu Pengaturan >> Aplikasi yang terinstal >> Cari “Nama Aplikasi” >> Uninstall.

5. Reset Pabrik / Kembali ke Pengaturan Pabrik

Jika Anda telah mencoba semua metode di atas tetapi masih gagal mengatasi aplikasi yang sering keluar secara tiba-tiba, maka langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan melakukan reset pabrik.

Tetapi menurut saya metode ini bukan cara terbaik, karena dengan reset pabrik semua data dan aplikasi pada ponsel Android Anda akan hilang.

Ponsel Anda akan kembali seperti semula ketika Anda pertama kali membelinya (bagian dalam atau perangkat lunak, bukan perangkat keras).

jadi jika Anda ingin menggunakan metode ini, disarankan untuk mencadangkan terlebih dahulu data penting. Metode pengaturan ulang pabrik adalah sebagai berikut:

Buka menu Pengaturan >> Pengaturan tambahan >> Cadangkan & Atur Ulang >> Kembalikan pengaturan pabrik.

Demikian tutorial yang dapat Saya sampaikan kepada Anda tentang cara mengatasi aplikasi Force Close di ponsel android.

Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat dan dapat membantu Anda mengatasi aplikasi di Android yang sering keluar dan tiba-tiba berhenti sendiri.

Anda dapat mencoba metode di atas satu per satu mulai dari yang pertama dan alternatif terakhir adalah mengatur ulang ponsel Android Anda.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu Force Close?

Force Close adalah keadaan dimana ponsel atau gaged tidak merespon aplikasi yang dijalankan.

Menagapa Aplikasi Keluar Sendiri?

Banyak faktor diantaranya karena File Cache yang penuh ram yang kecil sampai aplikasi yang terlalu jadul.

Pengaturan Pabrik Atasi Force close?

Cara ini tidak selalu berhasil, ditambah seluruh data akan terhapus.

error: Content is protected !!