Cara Mengamankan WIFI

3 min read

Cara Mengamankan WIFI Agar Tidak Digunakan Orang Lain – Selain menggunakan layanan internet, kita juga dapat mengakses ISP, salah satu fitur layanan yang disediakan oleh ISP adalah layanan internet nirkabel (sering disebut WIFI).

Wifi adalah jaringan yang cukup populer sekarang, dari pada menggunakan jaringan operator, banyak orang sudah mulai lebih suka menggunakan Wifi.

Wifi cukup praktis dan mudah, oleh karena itu, wifi ini telah banyak digunakan tidak hanya di kantor atau sekolah, tetapi juga telah banyak digunakan di rumah-rumah.

Tetapi banyak pengguna wifi yang tidak tau atau tidak paham bahwa jaringan wifi adalah jaringan yang paling mudah diserang oleh orang-orang pintar yang membutuhkan koneksi internet.

Ini sebagian besar disebabkan oleh kecerobohan pemilik Wifi karena tidak melindungi atau memberikan keamanan atau juga kata sandi pada wifi mereka.

Mengapa Harus Mengamankan Wifi Anda

mengamankan wifi

Konsekuensi yang disebabkan oleh tidak melindungi WiFi adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi kecepatan internet dari akses wifi yang Anda miliki karena Anda membagikan koneksi Anda kepada orang lain, terutama jika orang itu menggunakan wifi Anda untuk mengunduh.
  • Meningkatkan tagihan internet wifi Anda, terutama jika Anda membayar wifi per penggunaan atau penggunaan.
  • Membahayakan keamanan, dengan tidak melindungi wifi Anda, orang lain juga dapat mengaksesnya dan juga dapat mengakses file pribadi yang Anda miliki melalui jaringan WiFi.

Untuk itu Anda membutuhkan keamanan atau perlindungan untuk mengamankan wifi Anda, sehingga tidak sembarang orang dapat mengakses wifi yang Anda miliki.

Pada kesempatan ini kami akan memberikan tutorial tentang cara mudah mengamankan wifi agar tidak digunakan oleh orang lain.

Bagaimana caranya? Bagi Anda yang memiliki wifi di rumah Anda, silakan lihat dengan seksama tutorial berikut.

Cara Mengamankan WIFI Agar Tidak Digunakan Orang Lain

Cara Mengamankan WIFI

1. Buat Kata Sandi yang Aman

Pertama, Anda harus membuat kata sandi yang aman. Karena seperti yang Anda semua tahu, kata sandi adalah “gembok” pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengamankan wifi Anda.

Buat kata sandi yang sulit dan mudah untuk Anda ingat. Agar lebih aman, silakan buat kombinasi kata sandi dengan huruf besar dan kecil, kemudian kata dan disertai dengan tanda baca.

Jika Anda bingung membuat kata sandi, Anda dapat menggunakan bantuan Pembuat Kata Sandi dari Norton.

Cara membuat kata sandi atau mengubah kata sandi pada wifi biasanya bervariasi tergantung pada merek dan perangkat yang Anda gunakan.

Jika Anda bingung tentang cara mengatur atau mengubah kata sandi, Anda dapat mengunjungi Ciscom, Linksys, AirPort Netgear, Belkin, Apple, D-Link, TP-Link, Buffalo, 3Com untuk mengetahui cara membuat atau mengubah kata sandi WiFi Anda.

2. Aktifkan Enkripsi Jaringan Wifi

Sesuatu yang terkait dengan Enkripsi Jaringan Wifi adalah WPA, WEP, dan WPA2.

Ketiga hal ini adalah cara untuk melindungi wifi dan untuk menghindari anda kegiatan pengintaian yang di lakukan hacker yang bertujuan untuk mengetahui apa yang Anda telusuri di internet sendiri.

Bagaimana cara untuk menggunakan enkripsi jaringan wifi ini? Caranya mudah, silakan masukkan pengaturan keamanan pada router Anda, lalu pilih metode enkripsi yang Anda inginkan, Anda dapat memilih WPA, WPA2 atau WEP.

Kemudian masukkan kata sandi Anda yang rumit, menggunakan kombinasi huruf kecil dan besar.

3. Ubah Nama SSID

SSID adalah nama jaringan WiFi Anda. SSID ini berbeda dari satu SSID dari WLAN lain, nama SSID ini telah ditentukan dari penyedia router yang Anda gunakan seperti “D-Link” atau “Linksys”.

Router Anda akan membagikan informasi terperinci tentang SSID Anda. Jadi orang lain bisa mengetahui nama router yang Anda miliki.

Jadi, orang lain dapat mengakses wifi Anda dengan menggunakan kata sandi default dengan nama pengguna router Anda.

Misalnya nama pengguna router Anda adalah admin maka kata sandi tersebut secara otomatis admin juga karena belum pernah diubah.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mematikan fitur siaran router SSID Anda melalui halaman pengaturan router Anda.

Dengan melakukan ini, orang lain tidak dapat mengetahui informasi terperinci tentang jaringan wifi Anda.

Orang yang sudah tahu cara mendapatkan siaran dari SSID biasanya menggunakan bantuan dari perangkat lunak seperti Kismet (Linux, Mac OS) dan inSSIDer (Windows).

Karena itu cara terbaik untuk mencegah orang lain mengetahui siaran SSID Anda adalah dengan mengubah nama pengguna dan kata sandi Anda yang merupakan default.

4. Masukkan Alamat MAC ke Sistem Router (Penyaringan Alamat MAC)

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet memiliki ISP harus memiliki Alamat MAC.

Agar wifi Anda lebih aman, Anda dapat mengatur router Anda sehingga hanya bisa menerima koneksi ke alamat MAC yang sudah terdaftar di sistem router Anda.

Dan menolak semua alamat MAC yang tidak terdaftar di dalamnya. Bagaimana menemukan alamat MAC di komputer? Sangat mudah, begini caranya:

  • Tekan Ctrl + R, maka sebuah kotak akan muncul di sisi kiri bawah, ketik cmd di dalam kotak.
  • Kemudian dalam cmd, ketikkan ipconfig / all.

Setelah Anda mengambil langkah-langkah di atas, semua Alamat MAC yang terhubung ke router WiFi Anda akan muncul. Kemudian silakan masukkan Alamat MAC ke Penyaringan Alamat MAC di router.

5. Kurangi Cakupan Wifi

Setiap router wifi memiliki jangkauan atau batas area yang berbeda tergantung pada merek router yang Anda gunakan.

Secara umum, jangkauan atau jangkauan router adalah sekitar 50 hingga 300 meter, jika lebih dari itu biasanya digunakan di kantor dan sekolah.

Anda dapat mengurangi atau mengurangi area jangkauan router wifi Anda. Anda dapat memilih frekuensi sinyal 802.11b atau 802.11n, jangan memilih 802.11g sehingga cakupan router Anda tidak terlalu luas.

Dengan ini hanya Anda yang berada di dekat router yang dapat menggunakan wifi Anda.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Mengamankan WIFI Agar Tidak Digunakan Orang Lain, semoga dapat membantu anda dalam memproteksi wifi anda.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga: