Cara Mempercepat Koneksi Internet

2 min read

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Ponsel Android Tanpa Root – Menderita karena kecepatan internet yang lambat? Tidak mendapatkan kecepatan sesuai yang Anda bayar?

Tips kali ini akan memandu Anda untuk membantu mempercepat koneksi internet Anda.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Root

Apakah Anda terjebak dan bertanya-tanya mengapa internet Anda terasa lambat setiap saat.

Ada peluang bagus Anda, seperti kebanyakan orang lain, menderita salah satu dari banyak masalah yang bisa memperlambat kecepatan internet Anda.

Apakah Anda memiliki terlalu banyak perangkat di jaringan Anda, menggunakan perangkat keras lama, atau mengalami gangguan dari sinyal operator lainnya.

Ada sejumlah alasan mengapa internet Anda mungkin jauh lebih lambat dari yang seharusnya.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membantu mempercepat koneksi internet Anda tanpa memerlukan root.

cara mempercepat koneksi internet

1. Setting Jaringan 2G / 3G / 4G Only

Dengan membuat atau mengelola jaringan menjadi 2G/Edge/3G/H +/4G only, jaringan yang dapat diterima oleh gadget kami akan menjadi lebih stabil.

Untuk mengubah atau mengatur jaringan menjadi seperti ini cukup mudah, dengan memasukkan Pengaturan > Pengaturan Lainnya > Jaringan Seluler > Mode Jaringan > Pilih mode yang ingin Anda gunakan.

2. Pilih Operator Terbaik di Daerah Anda

Pilihlah operator terbaik di wilayah Anda. Tips ini sangat efektif untuk mempercepat koneksi internet di ponsel android Anda.

Tidak ada gunanya mengeluarkan uang untuk membeli paket, tetapi sinyal yang didapat sangat lambat.

Pilih operator yang memiliki menara di sekitar atau di dekat tempat tinggal Anda. Misalnya, kartu Telkomsel, kartu smartfren, 3 kartu, kartu XL, kartu AXIS, atau kartu Indosat.

Jika Anda belum mempraktikkan tips ini, silakan mulai sekarang untuk membeli kartu starter yang cocok dan memiliki sinyal cepat dan stabil di tempat Anda untuk mengoptimalkan sinyal dan uang yang Anda miliki agar tidak terbuang sia-sia.

3. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membuat akses internet lebih cepat adalah mematikan fitur sinkronisasi otomatis (Auto Sync).

Sebenarnya fitur ini berguna untuk memberikan notifikasi online dan notifikasi di bilah status seluler Anda.

Kekurangannya adalah jika kita mematikan fitur ini, pemberitahuan tentang akun tidak akan ditampilkan.

Untuk mematikan fitur ini cukup mudah dan Anda cukup menggulir ke bawah bilah pemberitahuan > klik opsi menu sinkronisasi > klik nonaktifkan.

Atau dengan cara lain buka menu pengaturan > opsi akun > nonaktifkan Auto Sync.

4. Nonaktifkan Data Latar Belakang

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk membuat koneksi internet lebih cepat adalah mematikan fitur data latar belakang.

Fitur ini berguna agar aplikasi yang tidak dapat Anda buka dapat berjalan tanpa harus membukanya. Ini ternyata berdampak pada jaringan di tablet android Anda.

Ketika fitur ini digunakan, bagian dari koneksi internet Anda akan diberikan ke aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Jadi ketika Anda menggunakan browser seperti itu kecepatan internet Anda akan berkurang, artinya tidak secepat ketika Anda hanya menggunakannya untuk satu aplikasi.

Jadi untuk memaksimalkan jaringan internet Anda, Anda dapat menonaktifkan fitur ini melalui Pengaturan > Penggunaan Data > Aktifkan Batas Data Latar Belakang.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan Di Hp

5. Nonaktifkan Tethering Hotspot

Tips ini juga cukup berpengaruh dalam koneksi internet yang cepat dan lambat. Itu karena ketika kami mengaktifkan fitur tethering, kami membagikan koneksi internet Anda kepada orang lain.

Alasan mengapa koneksi internet kami lebih lambat adalah karena kecepatan internet kami secara otomatis akan dibagikan kepada orang lain berdasarkan jumlah gadget yang terhubung.

Kami menyarankan bahwa jika Anda ingin berbagi koneksi dengan orang lain sebenarnya tidak apa-apa untuk dilakukan, tetapi saya sarankan ketika jaringan Anda kuat dan cepat.

Ingat bahwa jika jaringan Anda tidak kuat, ini akan menyebabkan koneksi internet Anda menjadi sangat lemah.

Sekarang ketika jaringan Anda lemah dan tidak kuat. Cukup bagi Anda untuk menggunakannya.

6. Gunakan Browser Terbaik

Kemudian gunakan browser terbaik untuk ponsel Anda. Browser ini juga cukup berpengaruh saat digunakan untuk berselancar.

Pilih browser yang ringan dan tidak ketinggalan. Sehingga ketika digunakan untuk browser, tidak perlu waktu lama untuk menunggu browser memuat hasil yang dicari.

Browser andalan yang saya rekomendasikan adalah seperti Chrome, UC Browser, Opera Mini, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Internet Gratis Menggunakan UC Browser

7. Bersihkan Cache Secara Berkala

Tidak hanya memilih operator terbaik tetapi faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan koneksi, tetapi Anda harus membersihkan sampah atau cache dalam aplikasi yang sering Anda gunakan untuk menjelajahi internet.

Alasannya adalah setiap kali Anda membuka aplikasi ini, pasti ada cache yang tertinggal.

Karena cache menumpuk, itu dapat mempengaruhi kinerja aplikasi dalam menerima jaringan.

Karena itu sangat penting untuk dicatat bahwa aplikasi yang Anda gunakan menjadi lebih segar, sehingga koneksi internet Anda menjadi lebih lancar.

Untuk menghapus cache di android Anda, Anda dapat menghapusnya melalui Pengaturan > Manajer Aplikasi > Aplikasi yang sering Anda gunakan untuk mengakses internet.

Misalnya, browser, aplikasi chat, dan juga aplikasi lain yang memerlukan koneksi internet > Hapus cache.

Sekian tips tentang Cara Mempercepat Koneksi Internet di Ponsel Android Tanpa Root. Selamat mecoba, dan semoga bermanfaat.