Cara Memilih Laptop Gaming

4 min read

13 Cara Memilih Laptop Gaming yang Berkualitas dan Murah – Saat ini kegiatan gaming tidak hanya terbatas pada perangkat konsol seperti Playstation atau Xbox.

Sekarang ada yang namanya laptop gaming di mana ia dirancang khusus untuk kegiatan gaming.

Laptop jenis ini biasanya dilengkapi dengan berbagai perangkat keras yang dimaksudkan untuk menangani kinerja berat karena aktivitas gaming.

Umumnya harga laptop gaming cukup mahal karena digunakan komponen kualitas terbaik.

Bagi mereka yang memiliki kantong tipis dan tidak memiliki banyak anggaran, tentu saja melihat harga laptop gaming saja sudah membuat panas.

Namun memang harganya sepadan dengan kualitas dan kinerja yang dihasilkan. Jika Anda ingin menikmati aktivitas bermain game yang tak terlupakan, membeli laptop gaming tidak akan mengecewakan.

Bagaimana, tertarik mencobanya?

Jika Anda memang berminat mengusulkan salah satu laptop gaming Anda, maka tentu saja Anda harus pintar dalam memilih produk.

Namun sebenarnya hampir semua produk telah dirancang sedemikian rupa untuk menangani aktivitas bermain game. Tetapi akan lebih baik sebagai pengguna potensial jika kita memahami seluk beluk.

Misalnya, seperti mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop gaming.

Sekarang di sini ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memilih dan mendapatkan produk dengan kualitas terbaik.

Cara Memilih Laptop Gaming yang Berkualitas

Cara Memilih Laptop Gaming
Cara Memilih Laptop Gaming

Pada dasarnya kita harus memperhatikan dalam hal perangkat keras yang digunakan oleh produk. Itu akan memberi sedikit lebih banyak tentang gambaran kinerja perangkat.

Silakan baca diskusi berikut untuk informasi lebih lanjut tentang cara membeli laptop gaming yang bagus.

1. Tentukan Sesuai Anggaran atau Dana

Hal pertama yang harus Anda perhitungkan terlebih dahulu adalah masalah anggaran. Tentu saja tanpa anggaran yang jelas kami tidak bisa menebak laptop jenis apa yang ingin Anda beli.

Karena di atas juga telah disebutkan bahwa laptop gaming memiliki harga yang layak, jadi Anda juga harus bersiap untuk itu.

Disarankan untuk menyiapkan anggaran minimal 10 juta rupiah untuk mendapatkan produk yang berkualitas. Sebenarnya juga cukup banyak laptop gaming dengan harga di bawah 10 juta.

Tetapi akan lebih baik jika Anda langsung membeli kualitas terbaik.

2. Desain Laptop Bagus

laptop gaming

Tidak seperti komputer atau PC, laptop dirancang sebagai perangkat portabel sehingga dapat dibawa ke mana-mana. Karena itulah masalah desain dan bentuk laptop juga harus dipertimbangkan.

Disarankan untuk memilih laptop gaming yang memiliki tubuh langsing sehingga cukup ringan dan mudah dibawa kemana saja.

Saat ini para produsen juga berlomba-lomba menciptakan produk yang memiliki desain tipis.

3. Pilih VGA Terbaik

VGA atau kartu grafis adalah salah satu perangkat keras utama yang mendukung kegiatan permainan. Apalagi dengan grafis game super HD dan 3D saat ini, itu juga akan membutuhkan sumber daya yang baik.

Mungkin VGA seperti NVIDIA adalah yang paling populer saat ini, terutama di kalangan gamer dan desainer. Dengan memilih kartu grafis yang berkualitas tentu kinerja laptop gaming akan lebih baik.

4. Pilih RAM yang Memadai

Tentu saja kami ingin mengalami gameplay dan tontonan yang lancar? Sekarang karena itu RAM adalah komponen yang harus Anda perhatikan.

Ketika Anda ingin membeli laptop gaming, maka pilihlah yang memiliki kapasitas RAM yang cukup. Untuk gim saat ini yang sebagian besar berat, disarankan untuk menggunakan RAM dengan kapasitas di atas 4GB.

Tetapi akan lebih baik jika nanti ada anggaran, RAM bisa ditingkatkan menjadi 8GB.

5. Media Penyimpanan yang Memadai

Selain RAM, media penyimpanan juga sangat penting dalam menciptakan perangkat game yang berkualitas. Saat ini kebanyakan laptop gaming menggunakan hard disk atau SSD sebagai media penyimpanan.

Tetapi tentu saja SSD memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih cepat dibandingkan dengan hard disk. Namun, ia juga memiliki harga yang lebih mahal tetapi proporsional dengan kinerjanya.

Game hari ini biasanya memiliki ukuran besar sehingga kami harus menyediakan ruang penyimpanan yang cukup.

6. Perhatikan Prosesor yang Digunakan

processor

Ini adalah inti dari perangkat pintar seperti laptop. Tanpa prosesor, tidak akan mungkin untuk bekerja dengan baik.

Karena itu jika Anda menginginkan laptop gaming dengan kinerja terbaik, Anda akan memerlukan prosesor dengan kualitas terbaik.

Apalagi gaming merupakan salah satu kegiatan yang cukup berat sehingga dibutuhkan sumber daya yang baik untuk bisa menangani kinerjanya.

7. Pilih Keyboard yang Nyaman

Memang, sekarang ada banyak perangkat keras eksternal seperti joystick yang dapat digunakan untuk kegiatan gaming.

Tapi tidak semua orang suka menggunakan perangkat tambahan dan merasa lebih nyaman dengan keyboard. Karena itu Anda tidak dapat melupakan perangkat keras ini.

Pilih perangkat yang memiliki keyboard nyaman untuk aktivitas bermain game. Meski sebenarnya mayoritas telah dirancang agar nyaman digunakan.

Tetapi akan lebih baik jika kita lebih berhati-hati untuk mendapatkan produk yang berkualitas.

8. Pilih Layar yang Ideal

Untuk kenyamanan bermain game, tentu saja kita harus memperhitungkan semuanya dan salah satunya adalah ukuran layar laptop.

Agar maksimal dan membuat kami nyaman saat bermain game, disarankan untuk membeli laptop dengan ukuran layar antara 15 hingga 17 inci.

Tetapi jika Anda ingin yang lebih kecil, Anda juga dapat memilih perangkat berlayar 14 inci. Itu cukup untuk membuat aktivitas permainan yang menyenangkan dan tak terlupakan.

9. Cari Produk dengan Garansi Panjang

Tidak hanya masalah kualitas produk, kami juga harus memperhatikan garansi yang diberikan oleh pabrikan. Ini kalau-kalau suatu hari perangkat tiba-tiba memiliki masalah karena cacat pabrik.

Cobalah mencari produk yang memiliki masa garansi lebih dari 2 tahun.

10. Pilih yang Memiliki Banyak Port

Seperti disebutkan di atas, ada cukup banyak perangkat keras eksternal yang dapat mendukung aktivitas gaming.

Jadi karena itu akan sangat penting untuk memperhatikan masalah port pada perangkat laptop gaming.

Kalau nanti misalnya hanya ingin merasakan layar yang lebih besar bisa menghubungkannya ke monitor lain.

11. Baterai

Ketahanan baterai pada jenis laptop gaming sering kali menjadi permasalahan bagi para penggunanya. Karena laptop gaming yang berkualitas menggunakan spesifikasi dan kinerja tinggi yang cukup berat.

Sebagian besar baterai tidak bisa bertahan lebih dari 2 jam saat bermain game.

Sekalipun Anda memilih gaming laptop dengan kapasitas baterai yamg besar, tetap saja akan terasa boros saat anda menggunakannya bermain game.

Baterai laptop sekarang juga dibagi menjadi dua, dapat dilepas (dilepas) dan tidak dapat dilepas (non-dilepas).

Lebih baik jika Anda membeli laptop dengan baterai yang bisa dilepas, sehingga Anda dapat dengan mudah menggantinya saat baterai rusak.

Menghapus baterai laptop saat sedang diputar bukanlah hal yang cukup baik untuk dilakukan. Ini akan merusak motherboard laptop Anda jika ada listrik mati mendadak.

12. Audio

Meskipun mendengarkan suara melalui headphone gaming lebih baik daripada langsung di speaker. Tentu saja Anda juga harus memperhatikan kualitas suara pada laptop gaming yang ingin Anda beli.

Dalam seri laptop gaming Asus ROG, perangkat lunak ROGAW (“Republic of Gamers Audio Wizard”) dapat berfungsi sebagai pengubah kualitas suara sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan Anda.

13. Sistem Operasi

Laptop gaming masa kini biasanya memiliki sistem operasi Windows yang tertanam di dalamnya, baik itu Windows 8 atau Windows 10 64Bit.

Jika Anda tidak memiliki banyak anggaran, Anda dapat membeli laptop gaming yang tidak memiliki sistem operasi.

Perbedaan harga antara laptop gaming dengan Windows dan tanpa Windows adalah sekitar 1 juta.

Penutup

Demikian artikel kami tentang 13 Cara Memilih Laptop Gaming yang Berkualitas dan Murah, semoga dapat membantu anda dalam memilih laptop gaming yang berkualitas.

Terima kasih telah membaca dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu Laptop Gaming?

Laptop gaming adalah jenis laptop yang digunakan khusus untuk bermain game.

Apa Itu PlayStation?

PlayStation adalah konsol permainan grafis dari era 32-bit.

Apa Itu VGA?

VGA adalah salah satu perangkat keras utama yang mendukung kegiatan permainan.