Cara Memilih Hosting

3 min read

Cara Memilih Hosting untuk Situs Web yang Bagus – Untuk Anda yang hanya ingin membuat situs web atau memiliki rencana untuk membangun situs web baru, Anda harus tahu tentang hosting. Hosting di sebuah situs web sangat penting, hosting bisa disamakan dengan tempat / rumah situs web Anda di internet.

Itu sebabnya Anda tidak boleh memilih hosting dengan sembarangan. Karena jika lalai dalam memilih hosting akan berdampak buruk bagi situs web. Ada banyak jenis hosting, harga juga bervariasi sesuai dengan spesifikasi dan kualitasnya.

Tapi saya mengerti bahwa Anda pasti mencari hosting yang bagus tetapi harganya murah. Tidak semua penyedia hosting menyediakan hosting berkualitas baik dengan harga murah, tetapi itu tidak berarti tidak ada.

Ada juga beberapa layanan hosting yang menyediakan layanan hosting berkualitas dengan harga yang cukup murah. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana memilih hosting terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut adalah tips Cara Memilih Hosting yang baik:

Cara Memilih Hosting untuk Situs Web yang Bagus

Cara Memilih Hosting untuk Situs Web yang Bagus

1. Cara Memilih Hosting : Tentukan Dana

Hosting memiliki berbagai harga tergantung pada spesifikasi dan fitur di dalamnya. Jadi, Anda harus menyiapkan dan mencari tahu dana yang harus Anda sewa hosting nanti. Jika Anda ingin membuat situs web tetapi dana Anda masih terbatas, Anda dapat memilih hosting dengan harga murah.

Di berbagai layanan hosting situs web biasanya juga ada diskon yang dapat Anda gunakan. Nah, ketika ada diskon dan promosi berskala besar, Anda bisa mencoba membeli hosting, menghitung untuk menghemat uang.

2. Cara Memilih Hosting : Sesuaikan dengan Kebutuhan

Saat membeli hosting, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda harus menentukan tujuan Anda dalam membuat situs web sebelum membeli hosting. Hingga saat ini ada 4 jenis hosting yang dapat dibeli, yaitu Shared Hosting, VPS, Dedicated Hosting, dan Cloud Hosting. Jika Anda baru mulai membuat situs web, cukup pilih yang termurah, Shared Hosting.

Shared Hosting dapat menjadi langkah pertama Anda dalam membangun sebuah situs web karena Anda belum memiliki anggaran yang besar. Seiring berjalannya waktu dan situs web Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas, Anda dapat membeli hosting dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena nanti Anda bisa meningkatkan hosting.

3. Cara Memilih Hosting : Pilih Server Berkualitas Baik

Server dalam hosting sangat penting karena jika Anda ingin situs web diakses oleh pengunjung tanpa masalah, server yang Anda pilih harus memiliki koneksi jaringan yang kuat dan stabil. Inilah sebabnya mengapa server hosting penting untuk situs web Anda.

Selain koneksi jaringan, Anda harus menentukan lokasi server. Jika target pengunjung adalah domestik maka gunakan hosting di Indonesia, jika targetnya Internasional maka gunakan server yang berada di luar negeri seperti Amerika, Singapura, dan sebagainya.

4. Pilih Kapasitas Bandwidth

Ketika kita akan membeli hosting, tentu saja kita dituntut untuk menentukan kapasitas bandwidth hosting kita. Ada dua jenis kapasitas bandwidth yang dapat Anda pilih, yaitu terbatas dan tidak terbatas. Jika Anda benar-benar serius membangun sebuah situs web, saya sarankan memilih kapasitas yang tidak terbatas sehingga situs web Anda tetap online meskipun lalu lintasnya padat.

Tetapi jika Anda tidak serius membangun sebuah situs web dan hanya mencobanya, maka saya sarankan memilih bandwidth dengan kapasitas terbatas. Tetapi untuk hosting terbatas ini, situs web Anda dapat offline saat lalu lintas di situs web Anda macet. Jadi, harap sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan Anda dalam membangun situs web.

5. Catat Jumlah Domain

Kiat berikutnya dalam memilih hosting adalah Anda harus memperhatikan jumlah atau kapasitas domain. Jadi Anda bisa memilih hosting yang hanya menyediakan 1 domain atau lebih dari 1 domain dalam 1 hosting. Jika di masa depan Anda ingin membuat situs web lain, disarankan untuk memilih hosting yang dapat mengakomodasi banyak domain situs web sehingga Anda tidak perlu menambah ruang atau membeli hosting lagi.

6. Space Hosting

Ruang hosting juga sangat penting dalam memilih hosting. Jangan sampai Anda hanya memilih hosting murah dan ternyata hanya memiliki kapasitas ruang 1GB. Mungkin hanya beberapa minggu jika ruang hosting Anda penuh.

Akibatnya Anda harus menghabiskan lebih banyak uang untuk menambah ruang atau meningkatkan hosting Anda. Meskipun Anda baru memulai, ada baiknya memilih hosting dengan ruang yang cukup besar. Karena dengan ruang hosting yang luas, Anda menjadi lebih bebas dalam memasukkan gambar dan menulis ke situs web.

7. Pilih Hosting Aman

Saat memilih hosting, Anda juga perlu memperhatikan keamanan hosting yang Anda pilih. Jika hosting yang Anda pilih memiliki sistem keamanan yang buruk / lemah, maka situs web Anda nanti dapat diretas / diretas oleh peretas. Tentunya Anda tidak ingin ini terjadi? Karena itu, pilih hosting yang memiliki keamanan tinggi sehingga situs web Anda aman dari serangan peretas yang tidak bertanggung jawab.

8. Pilih Hosting dengan Fitur yang Memadai

Bahkan jika Anda memilih untuk menggunakan hosting standar atau shared hosting, Anda masih harus memastikan bahwa hosting sudah memiliki fitur dasar seperti Cron untuk aktivitas situs web harian Anda. Selain itu, cari hosting yang memiliki fitur penginstal skrip otomatis, seperti Fantastico, Quick Installer, Simple Script, dan sebagainya. Jangan lupa juga fitur akses FPT dan akses htaccess untuk mengarahkan ulang halaman.

9. Layanan Pelanggan Yang Baik

Tidak semua layanan hosting memberikan layanan kepada pelanggan dengan benar. Misalnya ketika situs web Anda dalam masalah Anda tentu membutuhkan bantuan dari pihak hosting yang Anda pilih. Jika penyedia layanan tidak memiliki layanan 24 jam, tentu saja Anda harus menunggu sampai keluhan Anda diajukan.

Karena itu Anda harus memilih hosting yang juga memiliki layanan yang baik selama 24 jam sehingga jika terjadi masalah pada situs web itu akan segera diperbaiki.

10. Jumlah Klien

Kualitas hosting tidak tergantung pada klien. Tetapi jika Anda ingin sepenuhnya mempercayakan situs web Anda ke layanan hosting, Anda harus dapat memperhatikan klien dari layanan hosting. Jika layanan hosting memiliki klien di mana-mana, kemungkinan hosting itu baik dan berpengalaman.

Demikian tips Cara Memilih Hosting yang dapat kami berikan kepada Anda tentang tips memilih hosting yang baik dan berkualitas. Semoga apa yang saya katakan bermanfaat dan dapat membantu Anda memilih hosting terbaik dan tidak mengecewakan Anda.

Baca Juga:

F.A.Q

Mengapa Web Hosting Sangat Penting?

Karena web hosting bisa disamakan dengan tempat / rumah situs web Anda di internet.

Apakah Layanan Web Hosting Yang Bagus Itu Harus Mahal?

Ada beberapa layanan hosting yang menyediakan layanan hosting berkualitas dengan harga yang cukup murah.

Ada Berapa Jenis Web Hosting Yang Dapat Di Beli?

Hingga saat ini ada 4 jenis hosting yang dapat dibeli, yaitu Shared Hosting, VPS, Dedicated Hosting, dan Cloud Hosting.

SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id