Cara Memformat Flashdisk

3 min read

3 Cara Memformat Flashdisk dengan Benar dan Mudah – Sebenarnya cara memformat flash sangat mudah, tetapi tampaknya masih banyak yang tidak tahu cara memformat flash dengan aman tanpa meninggalkan virus.

Flash disk juga merupakan salah satu media penyimpanan yang mudah dibawa kemana saja. Tetapi jika Anda tidak memperlakukan komponen ini dengan benar maka akan mudah rusak.

Karena seringkali kita tidak sengaja menghubungkan flashdisk ke berbagai perangkat komputer yang belum tentu bersih dari virus.

Terutama bagi Anda yang sering menancapkan flashdisk disk ke warung komputer yang tidak memperhatikan keamanan data pelanggan.

Tidak sedikit pengguna yang kehilangan data flashdisk karena terhubung ke komputer warnet sehingga dapat menyebabkan flash drive yang terinfeksi dan kehilangan data penting di dalamnya.

Karena itu satu-satunya cara membebaskan flash drive dari virus, maka Anda bisa melakukan pemformatan secara keseluruhan. Dengan begitu, semua data dalam flashdisk akan dihapus, termasuk virus yang bersarang.

Cara Memformat Flashdisk dengan Benar

Cara Memformat Flashdisk

Meskipun sebenarnya cara memformat flashdisk sangat mudah, tetapi masih banyak yang tidak tahu cara memformat flashdisk dengan benar.

Terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan komputer, mungkin sulit untuk membersihkan data pada flashdisk.

Karenanya, pada kesempatan ini kami akan membagikan informasi tentang cara memformat flash disk dengan benar agar bebas dari semua virus.

Namun ada baiknya Anda mencadangkan data yang ada di flash disk terlebih dahulu, jika datanya dianggap penting. Berikut cara memformat flashdisk:

1. Cara Memformat dengan NTFS / Fat32 Melalui File Explorer

Ini adalah cara paling umum untuk menghapus data flashdisk karena lebih mudah dan lebih cepat. Dengan cara ini Anda juga dapat mengubah pengaturan flash disk seperti sistem file atau lainnya.

Untuk menggunakan metode ini, lihat langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama adalah menghubungkan steker USB di komputer, jika opsi tertentu muncul maka biarkan saja.
  • Jika flashdisk terhubung, buka file explorer. Klik kanan pada penyimpanan flashdisk yang akan diformat. Kemudian lanjutkan untuk memilih opsi Format.
  • Selanjutnya akan muncul pengaturan format flash disk, Anda dapat mengaturnya sesuai dengan kebutuhan Anda seperti sistem file, label volume, ukuran unit alokasi, dan opsi format. Bagian kapasitas adalah kapasitas penyimpanan flash sehingga bagian ini secara otomatis menyesuaikan dengan kapasitas flash drive Anda.
  • Anda dapat menggunakan pengaturan format yang diinginkan atau hanya mengikuti default.
  • Setelah selesai mengatur, pilih tombol Mulai untuk memulai proses pemformatan.
  • Jika peringatan muncul, Anda dapat mengklik OK. Kemudian flash disk akan memulai proses menghapus semua data atau format dan Anda bisa menunggu sampai selesai.
  • Setelah proses pemformatan selesai, pemberitahuan format lengkap akan muncul. Klik OK.

Sampai di sini Anda telah berhasil memformat flash disk menggunakan file Explorer. Sehingga semua data yang tersimpan di flash disk juga telah hilang.

2. Melalui CMD

Untuk memformat flashdisk melalui CMD agak lebih rumit dari metode sebelumnya. Tetapi metode ini juga merupakan alternatif yang paling tepat bagi Anda yang mengalami masalah pada awalnya.

Karena ada beberapa jenis flashdisk yang tidak dapat diformat menggunakan metode pertama.

Biasanya ditandai dengan pemberitahuan kesalahan ketika Windows tidak dapat menyelesaikan tugas pemformatan, atau telah dilindungi penulisan.

Jadi bagi Anda yang telah mencoba cara pertama tetapi masih mengalami kesalahan, Anda dapat mencoba memformat flashdisk melalui CMD. Meskipun agak rumit Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

  • Hubungkan flash drive ke komputer melalui jack USB seperti biasa.
  • Kemudian jalankan CMD sebagai administrator, cara klik kanan pada ikon Windows di sudut kanan layar. Pilih opsi prompt perintah atau melalui kolom pencarian.
  • Ketika Anda telah memasuki halaman CMD, ketik diskpart dan kemudian tekan Enter.
  • Selanjutnya ketik list drive dalam CMD, lalu tekan Enter. Perintah ini bertujuan untuk menampilkan semua perangkat yang terhubung ke komputer termasuk FD yang akan diformat.
  • Pada tahap ini Anda harus lebih berhati-hati memilih disk dari flash disk yang akan diformat. Karena pengguna sering memformat hard drive yang salah di komputer.
  • Untuk mengetahuinya adalah dengan melihat setiap tes yang muncul pada CMD, kemudian samakan dengan kapasitas flash disk yang akan diformat. Misalnya, flash disk yang akan diformat memiliki kapasitas 4 GB, maka biasanya flashdisk ada pada disk paling rendah. Misalnya, flash ada di disk 1, lalu ketik pilih disk 1, lalu masukkan.
  • Langkah selanjutnya ketik “clean“, lalu Enter. Tunggu DiskPart berhasil membersihkan jawaban disk yang muncul.

  • Jenis berikutnya Buat Partitiom Primary, lalu tekan Enter. Jika flashdisk telah berhasil dipartisi, maka tentukan sistem file yang akan digunakan, yaitu FAT32. Anda melakukan ini dengan mengetikkan format fs = fat32, lalu masukkan.
  • Jika Anda ingin menggunakan sistem file exFAT atau NTFS, maka ganti saja kata fat32 dengan sistem file yang diinginkan. Pada titik ini, proses mungkin memakan waktu sekitar 3 hingga 5 menit. Harap tunggu hingga muncul, DiskPart berhasil memformat volume. Memformat Flashdisk Melalui CMD
  • Terakhir, ketik Assign dan kemudian tekan Enter. dengan mengetik perintah secara otomatis flash disk akan terbuka di file explorer. Pada tahap ini Anda dapat memeriksa data flash jika sudah benar-benar dihapus atau belum. Jika kosong dan tidak ada apa-apa, proses pemformatan menggunakan CMD telah berhasil.
  • Selesai, silakan tutup jendela CMD.

Meskipun untuk metode ini agak rumit dan panjang, tetapi Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi flash yang tidak bisa diformat dengan cara biasa.

Tetapi bagi Anda yang menggunakan metode ini, lebih baik melakukannya dengan hati-hati dan benar sehingga tidak salah memformat sistem file lain.

3. Cara Memformat Write Flashdisk yang Diproteksi melalui Manajemen Disk

Cara lain untuk memformat flash adalah melalui Manajemen Disk. Tetapi untuk menggunakan metode ini biasanya jika tidak ada tombol / atau pilihan format setelah Anda mengklik kanan pada perangkat.

Segera, langkah-langkah berikut untuk menggunakannya:

  • Masuk ke menu Start Menu, kemudian cari Partisi Hard Disk dan Format.
  • Kemudian klik kanan pada drive yang ingin Anda format, pastikan drive benar-benar akan diformat dan bukan hard drive perangkat Anda.
  • Selanjutnya akan muncul, isi dan pilih kolom yang Anda sukai. Kemudian klik OK.

Label volume: nama partisi, misalnya “tugas kuliah, data kuliah, atau lainnya”. Sistem File: Memformat partisi yang anda inginkan, misalnya exFAT, FAT32, NTFS, dan lainnya.

  • Langkah selanjutnya, menulis di bagian status sementara nantinya akan menjadi “Pemformatan”, tunggu proses ini selesai.
  • Selesai, maka flashdisk sekarang harus siap digunakan dan data di dalamnya hilang.

Manajemen disk tidak hanya digunakan untuk memformat penyimpanan tertentu, tetapi juga untuk mengalokasikan ruang kosong dalam penyimpanan.

Itu juga dapat digunakan untuk menghapus partisi atau menambah volume jika diperlukan.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang 3 Cara Memformat Flashdisk dengan Benar dan Mudah, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam memformat flashdisk dengan mudah.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

error: Content is protected !!