Cara Membuat Kop Surat di Word: Mudah dan Cepat – Apa itu Kop Surat? Mungkin sebagian dari anda belum tau apa itu kop surat, meski kata itu sering anda dengar. Bagi anda yang belum tau baca penjelasan di bawah ini.
Daftar Isi
Apa Itu Kop Surat?
Kop surat adalah identitas perusahaan / agensi sehingga penerima surat mengetahui asal surat itu dan perusahaan atau lembaga mana yang mengirim surat kepada mereka. Kop surat biasanya terletak di bagian paling atas dari huruf atau istilah umum yaitu kepala surat.
Bagaimana cara membuat kop surat dengan benar?
Sebagai petunjuk identitas perusahaan, semakin lengkap nya informasi yang diberikan, maka akan semakin baik.
Identitas perusahaan lengkap yang diberikan akan semakin memudahkan orang ketika mereka membutuhkan informasi atau ingin menghubungi perusahaan Anda.
Elemen pertama yang harus Anda perhatikan sehubungan dengan pembuatan kop surat adalah logo perusahaan.
Logo ini adalah simbol perusahaan atau organisasi. Semakin bagus logo Anda, semakin mudah bagi orang untuk mengingatnya.
Kalau Anda tidak menaruh logo Anda di kop surat, orang-orang akan kesulitan mengingat perusahaan Anda.
Biasanya tajuk ini ada di bagian atas surat atau dicetak di amplop. Sekarang untuk membuat dan mencetak kop surat pada amplop, kita dapat menggunakan perangkat lunak Microsoft Word.
Dalam Microsoft Word ada fitur khusus untuk membuat kop surat. Apakah kamu sudah tahu caranya? Jika belum tau, silakan Baca artikel berikut.
Cara Membuat Kop Surat Untuk Amplop
Jika Anda membuat surat resmi, maka kop surat adalah salah satu bagian penting. Karena jenis huruf ini memiliki format dan aturan yang lebih ketat dari pada huruf pada umumnya.
Karena itu kita harus berhati-hati dalam membuatnya. Untuk itu cukup ikuti tutorial yang telah kami rangkum untuk anda, berikut langkah-langkahnya:
1. Buka aplikasi Microsft Word Anda, klik tab menu Mailing, lalu pilih opsi Envelopers.
2. Jendela baru akan muncul, akan ada 2 lembar formulir. Pertama, isi alamat tujuan surat itu. Sedangkan bentuk kedua adalah alamat tempat balasan akan dikirim. Silakan isi sesuai kebutuhan.
3. Setelah mengisi dengan benar, klik pada menu Opsi untuk membuat pengaturan lain.
4. Di bagian Ukuran Amplop, pilih ukuran amplop yang Anda gunakan. Klik Ukuran Khusus jika ukurannya tidak tersedia. Untuk daftar ukuran amplop umum, silakan periksa di bawah ini.
5. Setelah itu, cukup klik Tambahkan ke Dokumen.
6. Kemudian hasilnya akan langsung masuk ke lembar kerja kata Anda.
7. Periksa apakah sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, jika sudah mencetaknya. Klik File lalu pilih Print atau tekan CTRL + P.
8. Pastikan komputer terhubung ke printer, akhirnya cukup klik Print.
9. Perhatikan posisi amplop saat Anda ingin mencetak.
10. Terakhir, tunggu proses pencetakan selesai dan tunggu hasilnya.
Untuk mencetak kop surat yang benar, Anda harus menyesuaikan ukuran amplop dengan benar. Jika perlu, ukur amplop menggunakan penggaris lalu masukkan hasilnya dalam pengaturan seperti di atas.
Berikut beberapa jenis dan ukuran amplop yang umum digunakan di Indonesia:
- Ukuran B4 (250 x 353 mm)
- Ukuran B6 (125 x 176 mm)
- Ukuran C3 (324 x 458 mm)
- Ukuran C4 (229 x 324 mm)
- Ukuran C5 (162 x 229 mm)
- Ukuran C5 / C6 (114 x 229)
- Ukuran C6 (114 x 162 mm)
- Ukuran C6 / C7 (81 x 162 mm)
- Ukuran C7 (81 x 114 mm)
Penutup
Demikianlah tips untuk membuat kop surat resmi dan mencetaknya di amplop.
Ikuti tutorialnya dengan baik sehingga hasilnya juga bagus dan benar. Perhatikan juga formatnya karena kop surat ini merupakan bagian penting dari surat resmi.
Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.
Baca Juga:
F.A.Q
Ini adalah bagian dari surat resmi yang berisi informasi tentang lembaga atau agensi pengirim.
Karena berisi informasi tentang lembaga maka, kop surat berguna untuk Mengirim Surat resmi
Dalam Microsoft Word ada fitur khusus untuk membuat kop surat.