Cara Membuat Bootable

Posted on

Cara Membuat Bootable Melalui USB Flashdisk Tanpa Perangkat Lunak – Membuat bootable melalui flashdisk perantara saat ini masih sangat aman dan sangat disarankan untuk menginstal windows.

Ini bisa dibuktikan karena bootable melalui flash ini dapat mengurangi keberadaan file korup yang datang dari installer Windows.

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan baru saja membeli ultrabook yang sebagian besar tidak dilengkapi dengan DVD-ROM, tentu instal Windows melalui USB bootable

adalah pilihan yang sangat tepat. Sebagian besar metode di Google mengharuskan Anda untuk menggunakan perangkat lunak tambahan. Memang, metode ini mudah, tetapi akan lebih

mudah lagi jika Anda langsung menginstalnya melalui USB flashdisk dan tanpa perangkat lunak lagi.

Daftar Isi

Apa Itu Bootable

Cara Membuat Bootable

Bootable adalah fasilitas atau layanan yang tersedia di setiap Sistem Operasi, yang ditempatkan pada media penyimpanan, seperti Flashdisk, CD / DVD, atau media penyimpanan lainnya.

Mungkin selama ini kita berpikir bahwa apa yang disebut Bootalbe adalah Flashdisk yang terdapat Sistem Operasi, tetapi salah, karena apa yang disebut bootable adalah media penyimpanan di mana terdapat Sistem Operasi.

Jadi bukan hanya CD / DVD, tetapi semua media penyimpanan juga bisa disebut Bootable selama ada Sistem Operasi di dalamnya, seperti Flashdisk, dan sebagainya.

Cara Membuat Bootable Melalui Flashdisk

Penggunaan usb flash drive yang dapat di-boot juga akan sangat berguna bagi teknisi yang dipanggil setiap hari untuk menginstal ulang klien Windows yang masih aktif.

sangat biasa dengan dunia komputer dan hanya bisa digunakan. Selain lebih cepat dalam proses instalasi dibandingkan dengan CD / DVD, salah satu cara untuk membuat perangkat

USB flash dapat di-boot yaitu flash, kartu memori, HDD eksternal, dll.

Kebanyakan orang sering mengalaminya ketika menginstal windows melalui DVD, dan DVD yang digunakan memiliki banyak goresan tetapi juga digunakan untuk melakukannya

instalasi dan sebagai hasilnya bluescreen. Apa yang harus dilakukan dan diperhitungkan ketika menginstal menggunakan penginstal DVD adalah Anda harus memeriksa kondisinya

DVD terlebih dahulu, pastikan tidak ada goresan pada DVD apakah masih cocok untuk digunakan atau tidak.

Mengapa lebih aman untuk di-boot melalui flash? alasan utamanya adalah lebih mudah dan mengurangi file-file penting di windows yang korup. Tapi jangan lupa juga

periksa apakah flash terdeteksi atau tidak sebelum digunakan untuk bootable.

Sebelum kami mulai tutorial itu lebih baik dan yang perlu Anda ketahui adalah bahan dalam membuat bootable melalui flashdisk yaitu:

  • Pemasang Windows 7,8,8.1, atau Windows 10 yang telah diunduh.
  • Flashdisk lancar mulia atau normal.
  • Flashdisk dengan kapasitas minimum 4GB.
  • Perhatikan tutorial di bawah ini.

Berikut ini merupakan cara membuat bootable melalui flasdisk.

1. Siapkan flashdisk yang akan digunakan bersama dengan file ISO installer Windows yang telah Anda siapkan dalam materi ini. Pasang flash ke PC, setelah membacanya

kemudian buka Jalankan dengan menekan tombol win + R pada keyboard laptop Anda, ketik diskpart lalu klik enter.

2. Jendela CMD diskpartisi terbuka, dan kemudian ketik daftar disk dan masukkan.

3. Lihat seberapa banyak diska yang Anda flash, cara mendeteksinya dengan mudah dengan melihat ukuran atau ukuran flash.

4. Setelah itu, ketik pilih disk 3 (3 flashdisk yang dicontohkan, akan berbeda di PC Anda, cukup ketik urutan flash disk Anda) lalu klik enter.

5. ketik clean lagi lalu masukkan untuk menghapus data / dokumen yang masih tersimpan di flashdisk Anda, pastikan proses pembersihan berhasil sampai “berhasil membersihkan disk “.

6. ketik lagi buat partisi primer dan kemudian tekan enter, pastikan pembuatan partisi juga berhasil.

7. Jadikan partisi aktif dengan mengetikkan aktif lalu masukkan.

8. Format partisi dengan sistem file FAT32, dengan mengetikkan format fs = fat32 label = (nama FD Anda) cepat kemudian masukkan.

9. Jika telah berhasil membaca “volume berhasil diformat”. Flashdisk Anda telah menjadi partisi utama yang aktif dan dapat di-boot, tutup bagian disk.

10. Anda hanya perlu me-mount file ISO installer yang sudah disiapkan sebelumnya dan menyalin semua isinya ke flashdisk.

11. Setelah menyalinnya ke flashdisk, maka flashdisk siap digunakan untuk menginstal windows dan ikon flashdisk telah berubah menjadi ikon installer.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Membuat Bootable Melalui USB Flashdisk Tanpa Perangkat Lunak, semoga dapat membatu anda dalam membuat bootable.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga: