Cara Membuat Blog

4 min read

9 Cara Membuat Blog di Blogger: Mudah, Aman dan Cepat – Anda pasti tidak asing lagi dengan yang namanya blog, yah blog atau blogger memang sudah sangat populer, rata-rata artikel yang sering anda baca berasal dari blogger.

Blogger ialah salah satu aplikasi web sebagai tempat postingan atau artikel yang diposting. Di dalam blog postingan berurutan dari posting terbaru ke posting terlama.

Pengertian Blog

Blog adalah kependekan dari Weblogs, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.

Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk merujuk ke grup situs web pribadi yang selalu diperbarui terus menerus dan berisi tautan ke situs web lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar- komentar mereka sendiri.

Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan situs web pribadi yang memungkinkan pencipta untuk menampilkan berbagai jenis konten di web dengan mudah, seperti dokumen, kumpulan tautan internet, dokumen (file WOrd, PDF, dll.), Gambar atau multimedia.

Ada juga orang yang mendefinisikan blog sebagai situs pribadi, yang lebih berfokus pada deskripsi orang yang membuat blog itu sendiri. Seiring berkembangnya weblog dari waktu ke waktu, pemahaman tentang weblog akan berkembang seiring dengan ide dan keinginan Blogger.

Apa Itu Blogger

Blogger adalah orang yang membuat blog, baik blog nya sendiri atau blog orang lain.

Sejarah Blog

Halaman “What’s New” di browser Mosaic yang dibuat oleh seorang yang bernama Marc Andersen tahun 1993 kemungkinan adalah Blog pertama yang pernah ada.

Mosaic adalah browser pertama sebelum Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.

Pada bulan Januari tahun 1994 Justin Hall mulai menulis situs pribadinya yang diberi judul “Justin’s Home Page” dan kemudian berubah menjadi “Tautan dari Bawah Tanah” yang mungkin disebut Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Hingga tahun 1998, jumlah blog yang masih sangat kecil. Ini karena pada saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang membuat situs web, HTML, dan hosting web untuk membuat Blog.

Sehingga hanya mereka yang terlibat di bidang Internet, Administrator Sistem atau Desainer Web yang pada waktu luangnya dibuat Blog mereka sendiri.

Sebuah blog/blogger biasanya berisikan tentang pengetahuan umum, tutorial, pengalaman pribadi seseorang, bisnis dan hal-hal lain yang dituliskan oleh seseorang menggunakan editor blog dan kemudian dipublikasikan ke internet.

Selain digunakan untuk berbagi pengalaman, blog juga digunakan untuk bidang penghasilan tambahan, toko online, dan hal-hal lainnya.

Dengan blog, Anda bisa berbagi pengalaman atau hal lain yang bermanfaat bagi pembaca.

Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot

Cara Membuat Blog

Melalui artikel berikut, kami akan membagikan panduan terperinci tentang cara membuat blog yang cocok untuk pemula.

Tenang saja, kami akan mencoba menyajikannya sebaik mungkin agar Anda dapat dengan mudah belajar dan mempraktikkannya.

  1. Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka situs blogger.com. Kemudian klik BUAT BLOG ANDA untuk membuat blog.
  2. Kemudian masukkan akun google Anda. Jika Anda tidak memiliki akun google, Anda dapat membuatnya dengan mengklik tautan [di sini]. Setelah itu, klik “NEXT“.
  3. Kemudian masukkan kata sandi akun Google Anda dengan benar, lalu klik NEXT.
  4. Setelah itu Anda diharuskan memilih profil mana yang akan Anda perggunakan untuk membuat blog. Anda dapat menggunakan profil Google+ atau profil Blogger normal. Dalam tutorial ini, saya sarankan menggunakan profil Google+ saja. Pilih Buat profil Google+.
  5. Formulir profil akan diisi secara otomatis. Jika ada sesuatu yang perlu diubah, apakah itu nama, jenis kelamin atau tanggal lahir, Anda dapat mengeditnya di sini. Setelah selesai mengedit, pilih CREATE PROFILE.
  6. Pada tahap ini Anda dapat menambahkan foto Anda. Anda dapat menambahkan foto profil atau mengubahnya nanti. Jika Anda tidak ingin menambah atau menggunakan foto profil sekarang klik SKIP.
  7. Profil Blogger Anda telah berhasil dibuat. Setelah itu, klik Lanjutkan ke Blogger untuk mengonfirmasi akun Anda.
  8. Untuk membuat blog baru, klik “CREATE NEW BLOG” yang ada di sebelah kanan.
  9. Silakan isi data-data anda terlebih dahulu.
  10. Ok, Dengan ini Blog baru telah berhasil dibuat.

Menu di Blogger

Ada beberapa menu dan tombol di blogger yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Posting: menu ini menampilkan semua posting yang ada di blog Anda, posting yang telah diterbitkan atau yang masih dalam bentuk konsep. Di menu ini, Anda juga dapat menghapus beberapa posting sekaligus dengan cepat.
  2. Statistik: menu ini menampilkan informasi statistik di blog Anda, seperti jumlah tampilan hari ini, kemarin, minggu lalu, dan bulan lalu. Selain itu, menu ini juga menampilkan informasi tentang bagaimana pengunjung menemukan blog Anda dan sebagainya.
  3. Komentar: menu ini menampilkan komentar yang telah dipublikasikan, komentar yang masih moderat, dan komentar yang termasuk dalam kategori spam.
  4. Kampanye: menu ini menampilkan tentang Adwords. Anda juga dapat mempromosikan blog Anda dengan Adwords, tetapi ini tidak gratis.
  5. Halaman: menu ini menampilkan jumlah halaman yang ada di blog Anda, halaman yang masih dalam bentuk konsep, dan halaman yang telah diterbitkan.
  6. Layout: di sini Anda dapat menyesuaikan tampilan atau menambahkan widget (gadget) ke blog Anda.
  7. Tema: menu ini menampilkan pengaturan di template blog Anda. Untuk mengedit, mengubah template blog, dll. Anda dapat melakukannya di sini.
  8. Pengaturan: menu ini menampilkan pengaturan lanjutan di blog Anda, seperti pengaturan dasar, posting, dan komentar.
  9. Daftar Bacaan: menu ini menampilkan posting terbaru dari blog yang Anda ikuti.
  10. Bantuan: menu ini menampilkan beberapa artikel bantuan tentang cara menggunakan blog di Blogger.

Cara Menulis Artikel di Blogger

Untuk menulis konten atau apa yang sering disebut dengan posting sangat mudah. Lihatlah langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik tombol entri baru.
  2. Sebelum mulai menulis konten, ada beberapa menu, tombol, atau navigasi yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:
  3. Nomor 1: Judul konten yang akan Anda buat.
  4. Nomor 2: Barisan tombol yang berfungsi untuk menerbitkan, menyimpan, atau mempratinjau konten Anda.
  5. Nomor 3: Ada 2 mode penulisan konten yang terdapat di blogger, yaitu mode Menulis dan mode HTML. Secara default, mode penulisan konten menggunakan mode Compse. Jika Anda baru mengenal HTML, saya sarankan Anda menggunakan mode Tulis
  6. Nomor 4: Menu bilah alat pemformatan digunakan untuk memproses teks pada konten Anda. Fungsi alat-alat ini tidak jauh berbeda dari fungsi Ms. Word.
  7. Nomor 5: Beberapa menu pengaturan untuk konten Anda. Seperti memberikan label / kategori, tautan permanen ke konten Anda dan sebagainya.
  8. Jika konten Anda siap untuk diterbitkan, silakan klik tombol Terbitkan.

Cara Mengubah Template dengan Mudah

Cara mengubah templatenya sangat mudah. Fungsi mengubah template yaitu untuk mempercantik penampilan blog Anda agar lebih menarik. Berikut ini adalah cara untuk mengganti tampilan template:

  1. Silakan unduh template yang ingin Anda gunakan untuk blog Anda terlebih dahulu. Anda dapat mencarinya di Btemplate, ada banyak templat yang dapat Anda gunakan.
  2. Setelah itu, buka menu dashboard blog Anda dan klik Tema.
  3. Klik Cadangkan / Kembalikan
  4. Klik tombol Pilih File untuk memilih templat yang ingin Anda gunakan.
  5. Terakhir, klik Unggah untuk mengunggah tema Anda. Perlu diingat, jika templat harus menggunakan format .xml.

Penutup

Nah, bagaimana, mudah bukan membuatnya? Itulah Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger.

Setelah membaca artikel di atas, Anda akan tahu cara membuat blog gratis dengan mudah.

Demikianlah artikel kami tentang Cara Membuat Blog semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu Blog?

Blog adalah kependekan dari Weblogs, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.

Apa Itu Blogger?

Blogger adalah orang yang membuat blog, baik blog nya sendiri atau blog orang lain.

Siapa Pembuat Blog Pertama?

Halaman “What’s New” di browser Mosaic yang dibuat oleh seorang yang bernama Marc Andersen tahun 1993 kemungkinan adalah Blog pertama yang pernah ada.

error: Content is protected !!