Cara untuk Melihat FPS Game

6 min read

7 Cara untuk Melihat FPS Game di PC dan Android – Khusus bagi Anda yang gemar bermain game, tentu tidak asing dengan istilah FPS atau lebih sering disebut dengan frame rate.

Tentunya Anda juga penasaran bukan dengan seberapa bagus kinerja PC saat digunakan bermain game?

Dalam ulasan ini kami akan memberikan informasi tentang cara mudah memeriksa FPS saat dalam permainan.

Metode ini juga dapat digunakan untuk mendiagnosis sejumlah masalah perangkat keras atau perangkat lunak yang dapat memengaruhi kinerja game secara keseluruhan.

Namun, frame rate dapat diperoleh tergantung pada perangkat keras yang digunakan pada komputer termasuk prosesor, kartu grafis dan RAM.

Tetapi kadang-kadang karena kurangnya pengujian perangkat lunak dalam hal pengembangan game, itu bisa menjadi penyebab penurunan FPS.

Segera, lihat diskusi lengkap di bawah ini untuk mengetahui cara melihat game FPS. Meskipun Anda memiliki perangkat keras yang sangat baik. Ada beberapa cara untuk memeriksa Frame Rate dari game favorit Anda.

Berikut adalah 3 cara untuk menampilkan FPS (Frame Rate) di game PC.

Apa Itu Game FPS?

Sebelum membahas lebih lanjut, mungkin di sini kami akan memberikan penjelasan terlebih dahulu tentang game FPS itu sendiri.

Seperti yang diketahui gamer bahwa ada tolak ukur yang terpisah untuk mengetahui apakah bermain game lancar atau tidak melalui frame rate per detik yang disebut FPS.

Apa itu FPS? Dalam game, FPS sebenarnya memiliki dua makna, yaitu sebagai frame per rate dan yang kedua sebagai game shooting.

Tetapi FPS yang dimaksud dalam diskusi ini adalah frame rate per detik yang merupakan angka untuk mengukur kinerja keseluruhan VGA atau kartu grafis.

Frame rate adalah jumlah gambar yang dihasilkan setiap detik dan ditampilkan untuk membuat gambar bergerak.

Jadi semakin tinggi angka FPS diperoleh, semakin halus permainan akan menampilkan gerakan atau gambar.

Jadi orang-orang mencari berapa banyak FPS yang mereka dapatkan untuk mengetahui game mana yang dimainkan dengan lancar atau tidak. Berikut ini merupakan cara melihat game FPS pada PC dan Laptop anda.

Cara Melihat Game FPS PC / Laptop dengan Mudah

Cara untuk Melihat FPS Game

Untuk mengetahui FPS dalam game ada dua metode yang bisa digunakan, yaitu menggunakan perangkat lunak atau yang setara langsung dari game. Kami akan menjelaskan masing-masing cara ini.

1. Periksa FPS dalam Game Menggunakan FRAPS

FRAPS adalah perangkat lunak mini yang digunakan oleh gamer untuk screenshot game, merekam game menjadi video dan dapat memeriksa FPS pada game.

Cara menggunakannya sangat mudah, tetapi Anda harus mengunduh dan menginstal perangkat lunak terlebih dahulu. Untuk mendapatkan tautan unduhan, kunjungi situs web resmi di www.fraps.com.

Bisa dibilang perangkat lunak ini paling mudah digunakan daripada perangkat lunak lain karena ini menampilkan data FPS secara otomatis.

Sebagian besar gamer biasanya memilih perangkat lunak ini ketika mereka ingin memeriksa FPS saat bermain game PC. Jika Anda telah menginstal perangkat lunak sekarang jalankan atau buka aplikasi.

Data kecepatan bingkai secara otomatis ditampilkan dengan warna kuning di sudut kiri atas layar.

Anda dapat mengubah posisi informasi laju bingkai dengan mudah sehingga dapat disesuaikan dengan tampilan yang diinginkan.

2. Periksa Game FPS Menggunakan MSI Afterburner

MSI Afterburner biasanya digunakan oleh pengulas perangkat keras, overclocker, dan gamer.

Melalui perangkat lunak ini Anda dapat mengetahui jumlah sumber daya pada VGA, CPU dan tentu saja jumlah FPS dalam game.

Perangkat lunak ini digunakan oleh semua orang terlepas dari apa jenis kartu grafis yang digunakan. Anda bisa mendapatkan sumbernya secara gratis melalui situs resmi MSI Afterburner.

Selama proses instalasi, pastikan untuk mencentang kotak untuk server MSI Afterburner dan Rivatuner Statistics. Karena kedua perangkat lunak akan bekerja bersama untuk menampilkan nilai FPS di layar Anda.

Jika sudah diinstal sekarang ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan perangkat lunak MSI Afterburner:

  • Buka perangkat lunak MSI Afterburner
  • Pertama, silakan buka dan jalankan perangkat lunak dan masuk ke menu pengaturan dengan mengklik ikon roda gigi.
  • Temukan opsi “Membingkai”
  • Sekarang Anda pergi ke bagian pemantauan dan menemukan opsi Framerate dengan menggulirkan sedikit ke bawah.
  • Centang kotak Show in On-Screen Display
  • Kemudian di bagian bawah Anda akan melihat ada 3 kotak. Centang kotak dan klik ok untuk menyimpan pengaturan yang telah dibuat.

Anda juga dapat mengaktifkan opsi tampilan tambahan di layar.

Melalui perangkat lunak ini Anda juga dapat menampilkan beberapa variabel seperti suhu CPU, penggunaan GPU, penggunaan CPU, penggunaan RAM dan banyak lainnya.

MSI Afterburner dapat digunakan sebagai perangkat lunak multiguna karena dapat memeriksa semua fungsi hampir setiap komponen penting dalam sistem di laptop Anda dengan mudah.

Tetapi ketika menggunakan perangkat lunak ini pastikan bahwa Server Statistik Rivatuner juga dibuka di latar belakang.

Karena jika tidak terbuka maka FPS tidak akan muncul di layar. Pastikan juga Show On-Screen Display aktif di Server Statistik Rivatuner.

Dalam menggunakan perangkat lunak ini sedikit lebih rumit daripada perangkat lunak lain yang dapat bekerja secara otomatis.

Meski begitu pasien ini tidak akan mengecewakan Anda dalam melakukan analisis data lengkap terkait dengan sistem laptop atau pc yang digunakan.

3. Periksa Game FPS Menggunakan Bandicam

Bandicam juga menjadi salah satu perangkat lunak yang paling populer dan banyak digunakan untuk merekam permainan PC.

Sama seperti perangkat lunak sebelumnya, Bandicam juga dilengkapi dengan fitur untuk mengetahui FPS game.

Cara menggunakannya, Anda hanya perlu menginstal Bandicam di laptop atau PC Anda kemudian menjalankan perangkat lunak.

Setelah itu Anda membuka game yang Anda inginkan, periksa di sudut kanan atas layar dan nomor variabel akan muncul yang menunjukkan informasi FPS yang diperoleh.

Jadi nilai FPS ini berubah atau tidak konstan. Nilai FPS yang rendah biasanya ditandai oleh game yang rusak. Jadi informasi FPS sangat penting untuk ditampilkan atau diketahui saat Anda bermain game.

4. Pengalaman NVIDIA GeForce

Jika Anda menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce, Anda dapat menggunakannya untuk melihat FPS di semua game.

Perangkat lunak ini dapat diperoleh secara gratis melalui situs resmi GeForce. Setelah Anda mengunduh dan menginstalnya, sekarang ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan fitur penghitung FPS:

  • Klik Alt + Z
  • Untuk memunculkan berbagi pengalaman GeForce Anda dapat menekan tombol pada keyboard Alt + Z.
  • Kemudian masukkan pengaturan dengan mengklik ikon roda gigi.
  • Klik Overlay
  • Selanjutnya klik Overlay untuk masuk ke bagian tempat opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan penghitung game FPS.
  • Klik Penghitung FPS
  • Sekarang Anda klik opsi Penghitung FPS dan silakan pilih posisi di mana Anda ingin menampilkan data FPS dari permainan yang dimainkan nanti.

Jika Anda telah menyelesaikan langkah-langkah ini, sekarang Anda dapat memasuki permainan. Nanti Anda akan melihat penghitung FPS di salah satu dari empat sudut layar yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

Cara Memeriksa Game FPS Tanpa Perangkat Lunak

Jika Anda tidak ingin menggunakan perangkat lunak apa pun ketika Anda tahu tentang FPS, Anda masih bisa tahu tentang FPS tanpa menginstal aplikasi. Caranya adalah dengan membandingkan game.

Hanya saja kelemahan cara ini data FPS yang ditampilkan tidak secara real time, tetapi hanya FPS minimum, rata-rata dan maksimum yang bisa diperoleh.

Cara Menampilkan FPS Saat Bermain di Android Tanpa Root

Selain informasi tentang cara menampilkan game FPS di PC, kami juga akan memberikan informasi tambahan tentang cara menampilkan FPS di Android.

Di sebagian besar aplikasi FPS, Android harus di-root terlebih dahulu jika Anda ingin menampilkan FPS secara real time.

Tapi tenang saja, masih ada cara untuk menampilkan game FPS tanpa harus me-rooting Android. Untuk dapat mengetahui FPS, diperlukan aplikasi bernama GameBench.

Meskipun untuk proses pencetakan awal, ini cukup rumit, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena prosesnya hanya dilakukan sekali dan Anda dapat menggunakan aplikasi ini kapan saja.

Sebelum menggunakan aplikasi, ada beberapa komponen yang harus disiapkan, yaitu komputer dengan OS Windows, kabel data USB dan koneksi internet. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Unduh dan instal aplikasi GameBench
  • Pertama-tama Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi pada ponsel Android yang digunakan untuk memainkan game.
  • Pertama kali Anda menggunakan, Anda perlu membuat akun baru dengan memasukkan nama lengkap, email, dan kata sandi Anda.
  • Setelah Anda menekan tombol daftar aplikasi akan mengirim email verifikasi ke alamat email yang dimasukkan sebelumnya.
  • Selesaikan tahap pendaftaran hingga alamat email Anda diverifikasi.
  • Masuk ke GameBench
  • Jika Anda telah menyelesaikan tahap pendaftaran, sekarang Anda membuka aplikasi GameBench dan masuk menggunakan email dan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya.
  • Klik tombol Mulai
  • Pertama kali Anda masuk ke aplikasi, Anda akan melihat jendela sambutan.
  • Klik tombol Mulai >> Aktifkan >> izinkan akses penggunaan.
  • Mengaktifkan USB Debugging
  • Pada langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk mengaktifkan USB debugging.
  • Jika Anda tidak tahu bagaimana cara melakukannya, silakan cari tahu terlebih dahulu cara mengaktifkan USB debugging di Android.
  • Jika sudah aktif maka sekarang buka aplikasi GameBench lagi dan Anda akan diberitahu untuk mengunjungi tautan yang tercantum dalam aplikasi.
  • Beralihlah ke PC dan akses tautan GameBench
  • Sekarang Anda akan beralih ke komputer dan hanya pergi ke situs http://get.gamebench.net. Login menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya.
  • Setelah masuk, Anda akan diminta untuk mengunduh Layanan Peluncur GameBench Android dan perangkat lunak Java jika komputer Anda belum menginstal Java.
  • Karena untuk menjalankan perangkat lunak memerlukan bantuan Java. Lewati bagian ini jika komputer sudah memiliki Java.
  • Instal Java
  • Sekarang Anda menginstal Java dengan mengklik dua kali file JavaSetup.exe yang Anda unduh sebelumnya lalu mengklik instal.
  • Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda dapat melewati bagian ini jika komputer telah menginstal Java.
  • Tetapi jika tidak, maka tunggu sampai proses instalasi Java selesai.
  • Hubungkan ponsel ke PC
  • Jika Anda telah menyelesaikan instalasi java, sekarang sambungkan ponsel Android Anda menggunakan kabel USB.
  • Nanti tampilan akan muncul di layar ponsel, klik OK.
  • Jalankan perangkat lunak GameBench-Installer.exe
  • Sekarang jalankan perangkat lunak dan tunggu hingga perangkat Anda terhubung.
  • Pesan “Layanan GameBench Memulai Sukses di Perangkat” akan muncul. Itu artinya pengaturan telah berhasil dilakukan.
  • Saat di layar ponsel cerdas Anda, pesan tertentu akan muncul dan Anda sudah bisa mencabut kabel USB.
  • Tambahkan game untuk dimainkan
  • Pada tahap selanjutnya Anda akan menambahkan game yang akan dimainkan ke aplikasi.
  • Anda melakukan ini dengan mengklik Tambah >> Periksa permainan jufult >> klik tombol putar untuk memulai permainan.

Jika Anda telah menyelesaikan semua langkah di atas, sekarang Anda akan melihat tampilan di sudut kanan atas informasi FPS. Jika Anda ingin berhenti maka tekan tombol stop.

Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk menampilkan data FPS, tetapi juga menganalisis penggunaan sumber daya selama bermain game seperti menggunakan FPS, RAM, prosesor dan lainnya.

Cara Menampilkan FPS di Android Root

Menampilkan game FPS di Android root tidak memerlukan pengaturan rumit seperti Android yang belum di-root.

Sama-sama menggunakan aplikasi pihak ketiga, tetapi cara menampilkan FPS di Android lebih mudah. Jika Anda sudah tahu, silakan ikuti tutorial berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi Game Booster
  • Jalankan aplikasi
  • Masuk ke menu INFO >> klik ikon huruf i di bagian aplikasi GameBooster.
  • Di sebelah menu Monitor FPS, aktifkan AKTIF.
  • Jika peringatan muncul, izinkan akses super pengguna.
  • Iklan akan muncul menunggu untuk ditutup sendiri sehingga Anda dapat mengaktifkan monitor FPS secara gratis
  • Ketuk tombol Buka untuk Gratis.
  • Selesai dan sekarang Anda dapat menampilkan monitor FPS yang ditandai dengan penampilan nomor FPS di sudut kanan atas.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang 7 Cara untuk Melihat FPS Game di PC dan Android, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam melihat game FPS di PC dan android anda.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga: