Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online

3 min read

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online Via Aplikasi dan Web 24 Jam – Hampir di seluruh Indonesia kini sudah di aliri oleh listrik. Ya, ini karena listrik menjadi komponen penting dalam sebuah kemajuan.

Tanpa adanya listrik banyak hal yang tidak bisa di lakukan dengan alat elektronik dan terpaksa harus di kerjakan secara manual. Kini masyarakat telah menikmati listrik yang di sediakan oleh PLN.

Disini masyarakat tidak mendapat listrik secara cuma-cuma atau gratis, setiap bulan nya mereka harus membayar sejumlah tagihan sesuai dengan pemakaian listrik mereka.

Namun, aktivitasnya yang sibuk, terkadang membuat sebagian orang tidak punya waktu untuk membayar tagihan listriknya tepat waktu. Akibatnya, denda karena keterlambatan pembayaran listrik tidak dapat dihindari.

Untungnya PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) meluncurkan aplikasi PLN Mobile, untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan layanan dan informasi dari PLN.

Kehadiran PLN Mobile melalui aplikasi ini diharapkan dapat mendukung tata kelola layanan pengaduan dan keluhan pelanggan.

Dengan cek tagihan listrik online ini, pelanggan tidak perlu lagi takut terlambat atau bingung membayar listrik. Saat ini, cara untuk memeriksa tagihan listrik online dapat dilakukan melalui smartphone, baik melalui aplikasi atau browser web dari penyedia layanan listrik PLN.

Pada artikel ini kami akan memberikan cara untuk mengecek tagihan listrik secara online. Berikut penjelasanya di bawah ini.

Manfaat memeriksa tagihan listrik online

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online

Sebelum mengetahui cara memeriksa tagihan listrik online, ada baiknya Anda terlebih dahulu memahami manfaat apa yang bisa Anda dapatkan dari cek tagihan listrik online.

Baca Juga: Cara Mengecek Nomor Internet IndiHome

1. Tidak Ribet

cek tagihan listrik

Memeriksa tagihan listrik online juga dapat membuat jantung Anda lebih tenang dan hidup lebih mudah, bahkan ketika bepergian sekali pun.

Ini karena Anda dapat dengan mudah memeriksa dan membayar tagihan kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Jadi, liburan Anda akan tetap tenang tanpa dibebani oleh tagihan listrik yang belum terbayar.

2. Data tagihan langsung diterima

Anda dapat mengetahui data tagihan listrik secara langsung hanya dengan memeriksa layanan pembayaran listrik secara online. Cukup instal aplikasi atau akses situs web untuk memeriksa tagihan dapat dilakukan lebih cepat.

Dengan begitu, Anda dapat segera melunasi tagihan ini sesuai dengan data yang tercantum dalam aplikasi.

3. Lebih menghemat waktu

Memeriksa tagihan listrik secara online tentu lebih mudah dan lebih efisien untuk dilakukan. Anda tidak perlu repot mengirim pesan melalui SMS atau menelepon mitra pembayaran listrik untuk memeriksa tagihan.

Selain itu, Anda dapat menghemat waktu untuk melunasi tagihan listrik setiap bulan.

4. Dapat juga membayar listrik secara online

Kehadiran aplikasi yang dapat memudahkan memeriksa tagihan listrik juga membantu Anda menghindari risiko denda karena terlambat membayar tagihan. Apalagi prosesnya juga mudah dan cepat, sehingga Anda bisa membayar tagihan sambil melakukan kegiatan lain.

Baca Juga: Cara Mengecek KTP Online

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online

cek tagihan listrik

1. PLN Mobile

Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk memeriksa tagihan listrik, tetapi juga dapat digunakan untuk memeriksa yang lainya juga.

Seperti sejarah penggunaan listrik kwh, transaksi token listrik, informasi lokasi pembayaran melalui perbankan, informasi status listrik, info perkembangan aplikasi, dan sebagai sarana keluhan keluhan pelanggan.

Semuanya dapat diunduh secara gratis di ponsel Anda. Berikut adalah cara-cara untuk memeriksa tagihan listrik secara online melalui PLN Mobile:

  • Unduh dan instal aplikasi PLN Mobile.
  • Pilih menu Informasi pada tab menu.
  • Pilih menu Informasi Faktur dan Token Listrik.
  • Masukkan nomor pelanggan atau nomor meteran Anda.
  • Klik Cari.
  • Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik dan jumlah nominal.

Fitur-fitur yang tergabung dalam aplikasi ini termasuk:

  • Riwayat token,
  • Simulasi untuk instalasi baru atau perubahan daya atau koneksi sementara,
  • Permintaan untuk instalasi baru atau perubahan daya atau koneksi sementara,
  • Informasi tarif listrik saat ini,
  • Periksa status keluhan dan permintaan,
  • Berita terbaru dari PLN dan
  • Yang terpenting adalah bagaimana memeriksa tagihan listrik secara online.

2. Aplikasi Bukalapak

Cara mengecek tagihan listrik online berikutnya adalah melalui aplikasi Bukalapak. Melalui aplikasi Bukalapak yang dapat Anda akses melalui smartphone atau desktop,

Anda sudah dapat memeriksa tagihan listrik Anda secara online sehingga Anda dapat membayar listrik PLN di mana saja dan kapan saja.

  • Langkah pertama, Anda dapat menyiapkan nomor meteran atau ID pelanggan Anda.
  • Kemudian buka Bukalapak baik melalui desktop maupun mobile.
  • Kemudian pilih opsi Tagihan Listrik.
  • Masukkan 12 nomor ID pelanggan atau nomor meteran.
  • Klik Beli.
  • Kemudian Anda akan masuk atau masuk melalui akun Bukalapak Anda.
  • Jika Anda tidak memiliki akun Bukalapak, segera buat akun Bukalapak terlebih dahulu.
  • Ketika Anda akan membayar tagihan listrik di Bukalapak, secara otomatis dinyatakan nominal yang harus Anda bayar, termasuk denda (jika ada).

Melalui Situs Web

Cara selanjutnya untuk memeriksa tagihan listrik online adalah melalui situs web. Ada banyak situs web yang bisa anda gunakan untuk mengecek tagihan listrik secara online.

Anda hanya tinggal mencari nya saja di laman Google. Melalui situs web, Anda dapat memeriksa beberapa tagihan, salah satunya adalah dengan mengecek tagihan listrik PLN.

  1. Pilih navigasi Periksa Tagihan Listrik PLN di sisi kiri halaman.
  2. Masukkan ID pelanggan PLN di kolom yang disediakan.
  3. Masukkan kode captcha untuk verifikasi.
  4. Kemudian klik Periksa Tagihan.

Baca Juga: Cara Cek Kuota IndiHome

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online Via Aplikasi dan Web 24 Jam, semoga dapat membantu anda untuk mengecek tagihan listrik secara online.

Terimakasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.