Cara Backup Data di Android

6 min read

Cara Backup Data dan File di Android Dengan Mudah – Di era modern saat ini tidak ada yang tidak akrab dengan nama ponsel Android. Karena Android sekarang tertanam di komunitas, semua orang dari anak-anak hingga orang tua sekarang memiliki ponsel Android.

Ponsel canggih ini telah membuat semua orang lebih mungkin menghabiskan waktu di depan ponsel, apakah itu untuk hal-hal yang berdampak positif atau bahkan negatif.

Android sekarang telah mempermudah orang untuk melakukan pekerjaan. Mem-Backup data dan file di ponsel android sebenarnya sangat penting untuk kita lakukan.

Tetapi kebanyakan orang mengabaikannya. Jadi mereka sering kehilangan data dan file yang sangat penting.

Oleh karena itu, untuk dapat menghindari masalah ini terjadi pada kita, perlu untuk membuat cadangan data dan file untuk ponsel android yang kita miliki.

Karena tidak ada yang akan tahu jika suatu hari data dan file penting di ponsel android Anda bisa hilang dan terhapus.

Cara Backup Data dan File di Android Dengan Mudah

backup data android

Data dan file pada ponsel android dapat hilang dan dihapus, dapat disebabkan oleh banyak hal, apakah itu karena perubahan ROM, pengaturan ulang fiktif, serangan malware, file yang terhapus secara tidak sengaja, atau bahkan karena mengganti ponsel baru dan banyak lagi .

Itu sebabnya kita perlu membuat cadangan data dan file untuk mengetahui hal ini terjadi.

Backup data adalah proses untuk membuat cadangan file dengan memindahkan atau menyalin data atau file, sehingga data dapat digunakan kembali jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

Baiklah sobat, bagi Anda yang mungkin tidak tahu cara membuat cadangan data dan file di ponsel Android Anda.

Pada kesempatan ini kami akan merekomendasikan cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk membuat cadangan data dan file di ponsel Android Anda.

Agar lebih jelas dan memahami bagaimana dan langkah-langkahnya, silakan baca ulasan berikut.

1. Cara Backup Data di Android Menggunakan “Google Backup”

File cadangan nanti akan disinkronkan dengan akun Google, jadi jika Anda akan memulihkan file sebelumnya, masuk ke ponsel dengan akun Google yang Anda gunakan untuk membuat cadangan.

Berikut cara melakukannya di bawah ini:

  • Pertama, silakan masuk ke menu Pengaturan »Pribadi» Cadangkan & Atur Ulang.
  • Kemudian aktifkan “Cadangkan data saya”.
  • Kemudian kembali ke menu Pengaturan lalu pilih Pribadi »Akun dan Sinkronisasi.
  • Setelah itu, masuklah menggunakan akun Google yang Anda gunakan di ponsel Android Anda.
  • Kemudian lakukan proses sinkronisasi menggunakan Google Backup.
  • Maka daftar data yang dapat dicadangkan akan muncul. Kemudian pilih yang penting, atau semuanya baik-baik saja jika Anda ingin aman.
  • Akhirnya, tunggu beberapa saat hingga proses sinkronisasi selesai.

Keuntungan menggunakan metode ini adalah mudah dan tidak merepotkan. Anda tidak perlu akses root, dan Anda tidak perlu komputer atau laptop untuk cadangan.

Namun di samping kelebihan ini, hanya ada kekurangan menggunakan metode ini, yaitu beberapa jenis file seperti film, game, foto dan musik tidak dapat didukung.

2. Cara Backup Data & File Menggunakan Aplikasi

Di Google Play Store ada banyak aplikasi yang sangat berguna, terutama untuk membuat cadangan masalah data. Ada sejumlah aplikasi di Play Store yang direkomendasikan untuk pencadangan data di ponsel Android.

Dan pada kesempatan ini kami akan membahasnya satu per satu aplikasi backup data dalam artikel ini.

Seringkali aplikasi cadangan tidak memerlukan akses root, tetapi ada beberapa aplikasi cadangan yang hanya berfungsi untuk perangkat yang di-rooting.

3. Cara Backup Menggunakan Aplikasi Titanium Backup

Tidak semua ponsel Android dapat menggunakan aplikasi Titanium Backup. Karena hanya ponsel android yang telah di-root saja yang dapat menikmati fitur cadangan titanium ini.

Aplikasi Titanum Backup dapat mencadangkan semuanya di ponsel Android Anda.

Selain itu, Anda juga dapat membuat penjadwalan cadangan secara otomatis dalam periode waktu tertentu.

Kemudian Anda juga dapat membuat cadangan aplikasi atau game saat dibuka, bahkan Anda juga dapat mentransfer file antara kartu memori dan ponsel dengan sangat mudah.

Berikut cara menggunakan aplikasi Cadangan Titanum di bawah ini:

  • Unduh aplikasi Cadangan Titanum di Google Play terlebih dahulu.
  • Kemudian Instal dan jalankan. Pastikan ponsel android Anda sudah di-root, sobat, sehingga Anda dapat menggunakan aplikasi ini. Pada tampilan awal saat pertama kali dibuka, Anda harus membolehkan akses root dan membaca disclaimer.
  • Setelah itu, pastikan Anda telah mengaktifkan USB Debugging di Android.
  • Di samping melakukan Backup, pilih tab Backup / Restore. Maka beberapa aplikasi yang dapat Anda backup akan muncul. Jika ada tanda segitiga kuning di sisi kanan aplikasi, maka itu berarti aplikasi tersebut belum dicadangkan.
  • Kemudian klik Menu di sudut kanan atas dan pilih Batch Actions.
  • Kemudian kita akan melihat opsi cadangan. Jika Anda ingin membuat cadangan aplikasi, pilih “Cadangkan semua aplikasi pengguna”. Tetapi jika Anda ingin membuat cadangan data sistem, pilih “Cadangkan semua Data Sistem”. Kami sarankan Anda memilih Cadangkan semua aplikasi pengguna + data sistem, karena ini akan mencadangkan semua aplikasi dan data sistem di ponsel Anda.
  • Pilih aplikasi mana yang ingin Anda backup. Setelah selesai, periksa daftar periksa di sudut kanan atas.
  • Terakhir, tunggu sampai proses pencadangan selesai (lamanya waktu proses tergantung pada ukuran data yang dicadangkan). Jika aplikasi telah dicadangkan, akan ada tanda centang dan ikon senyum di sisi kanan aplikasi.

Kami sarankan Anda menyimpan file cadangan di kartu memori atau komputer.

4. Cara Backup Data Menggunakan Aplikasi Easy Backup & Restore

Aplikasi ini dapat membuat cadangan kontak, SMS, MMS, bookmark, kalender dan log panggilan. Aplikasi ini juga dapat diperoleh secara gratis di Play Store.

Tetapi kita perlu tahu bahwa aplikasi ini tidak dapat membuat cadangan musik, foto, video, atau bahkan dokumen.

Kemudian pilihannya, gunakan laptop atau komputer untuk membuat cadangan file dan simpan ke Flashdisk / hard drive. Cara menggunakan aplikasi Easy Backup & Restore sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Easy Backup & Restore di Play Store terlebih dahulu.
  • Kemudian instal dan jalankan aplikasi. Kemudian Anda akan diminta untuk membuat cadangan. Kemudian pilih “Ya”.
  • Setelah itu, pilih data apa yang ingin Anda backup. Kemudian periksa data yang ingin Anda backup. Kemudian pilih “OK”.
  • Selanjutnya pilih lokasi untuk penyimpanannya.
  • Jika Anda mencadangkan data ke layanan cloud seperti dropbox, satu drive, dan sebagainya, maka Anda harus masuk terlebih dahulu ke akun Anda. Jika Anda menentukan Kartu SD, pilih folder penyimpanan.
  • Kemudian tentukan nama file, atau bahkan biarkan saja nama file standarnya baik-baik saja.
  • Akhirnya, pilih “OK” untuk cadangan. Kemudian tunggu beberapa saat hingga proses selesai (lamanya waktu proses tergantung pada jumlah data).

Jika ponsel Android Anda telah di-rooting, Anda juga dapat membuat cadangan aplikasi dan menyimpan data. Tetapi jika tidak di-root, Anda hanya dapat membuat cadangan file apk.

Cara mencadangkan aplikasi dan data menggunakan Easy Backup & Restore sebagai berikut:

  • Pertama, silakan buka aplikasi Easy Backup & Restore.
  • Kemudian pilih Alat Aplikasi.
  • Maka akan muncul notifikasi yang pada dasarnya telah kami jelaskan di atas, yaitu, jika ponsel Anda telah di-root, itu dapat membuat cadangan aplikasi dan juga data. Tetapi jika tidak di-root, Anda hanya dapat membuat cadangan file apk.
  • Setelah itu pilih “OK” untuk melanjutkan.
  • Kemudian periksa aplikasi apa yang ingin Anda backup.
  • Kemudian pilih CADANGAN.
  • Setelah itu, tunggu sebentar sampai proses selesai.
  • Dan terakhir, periksa di folder tempat Anda menyimpan cadangan.

Jika Anda ingin memulihkan file atau data, Anda cukup membuka aplikasi Easy Backup dan pilih Pulihkan.

Untuk mengembalikan aplikasi yang telah dicadangkan sedikit berbeda. Metodenya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Easy Backup kemudian pilih Apps Tools dan kemudian pilih tab Diarsipkan.
  • Setelah itu, pilih aplikasi mana yang ingin Anda pulihkan, lalu pilih tombol Instal.

5. Cara Backup Dengan Aplikasi Helium

Aplikasi Helium cocok untuk ponsel yang sudah di-root atau tidak. Dengan aplikasi ini Anda dapat membuat cadangan aplikasi dan data ke kartu SD, Google Drive, DropBox atau Box.

Aplikasi ini juga dapat menyinkronkan data aplikasi antara ponsel Android, meskipun mereka tidak berada di jaringan yang sama.

Selain itu, dengan menggunakan Helium Anda juga dapat melakukan backup terjadwal. Tetapi fitur-fitur ini khusus untuk versi premium saja.

Jadi jika Anda ingin merasakan semua kelebihan Helium, ada baiknya membeli versi premium di Play Store.

Dalam tutorial ini, kami menggunakan Helium Premium, sehingga kami dapat menggunakan semua fitur Helium secara keseluruhan sehingga hasilnya lebih kuat.

Berikut rekomendasi kami untuk cara mencadangkan aplikasi dan data menggunakan Helium:

Langkah 1
Unduh Helium dari Google Play dan pasang terlebih dahulu.

Langkah 2
Kemudian buka aplikasi Helium. Jika ponsel Anda telah di-root, maka Anda akan diminta untuk mengakses root, biarkan saja.

Tetapi untuk ponsel yang belum di-root, Anda harus menghubungkan ponsel android Anda ke PC atau komputer terlebih dahulu.

Jika Anda tidak memiliki PC atau komputer, Anda dapat pergi ke warnet atau meminjam milik teman. Ini tutorialnya (untuk ponsel yang tidak di-root)

  • Pertama, unduh dan instal perangkat lunak Pemasang desktop Helium pada PC terlebih dahulu.
  • Kemudian aktifkan USB Debugging di ponsel android.
  • Setelah itu langkah yang diambil adalah membuka perangkat lunak dan menghubungkan android kita ke PC dengan usb secara otomatis, biasanya helium akan diperintahkan untuk mengubah pengaturan usb ke PTP (Mode Kamera).
  • Setelah itu, ikuti panduan yang muncul di layar ponsel untuk mengaktifkan Helium.
  • Jika Anda berhasil mengaktifkan Helium, maka gambar di PC atau komputer akan muncul seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Catatan: Jika Anda mematikan ponsel Android Anda, maka Anda harus menghubungkan ponsel Anda ke PC lagi untuk mengaktifkan Helium (khusus untuk ponsel non-root).

Langkah 3
Saat Anda membuka aplikasi Helium, akan ada dua tab: Cadangkan dan Kembalikan dan Sinkronkan.

Tab “Cadangan” memungkinkan Anda memilih aplikasi yang ingin dicadangkan, dengan memeriksa aplikasi yang ingin dicadangkan.

Jika Anda ingin mencadangkan aplikasi, yang perlu diperhatikan adalah menggesek ke bilah di bawah ini.

Pilih Pilih Semua untuk memeriksa semua aplikasi. Periksa Hanya Data Aplikasi (cadangan lebih kecil) jika Anda memilih untuk mencadangkan data saja.

Tetapi ketika mengembalikan aplikasi, Anda harus mengunduh file aplikasi lagi melalui Play Store. Tidak semua aplikasi dapat didukung dengan Helium.

Langkah 4
Setelah menentukan aplikasi mana yang ingin Anda backup, saatnya untuk menekan tombol “Backup” untuk membuat cadangan aplikasi.

Langkah 5
Kemudian pilih lokasi penyimpanan. Kemudian tunggu sampai proses pencadangan selesai.

Nah, sekarang Anda telah berhasil membuat cadangan aplikasi. Lalu bagaimana Anda mengembalikan aplikasi cadangan? Berikut cara melakukannya di bawah ini:

  • Pertama-tama pilih tab Pulihkan dan Sinkronkan.
  • Karena kami menyimpan file cadangan di memori internal, kami memilih Penyimpanan Internal.
  • Maka semua aplikasi yang telah dicadangkan akan muncul. Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda pulihkan dengan memeriksanya.
  • Kemudian pilih Pulihkan. Tunggu sampai proses pemulihan selesai.

6. Cara Backup Data Android ke PC (Metode Manual)

Cara mencadangkan data android melalui PC atau Komputer, Anda cukup menghubungkan ponsel android Anda ke PC menggunakan USB.

Kemudian pilih mode Storage (MTP), lalu pindahkan (salin) data di ponsel ke hard drive komputer / PC.

Atau Anda juga dapat menggunakan aplikasi SHAREit untuk mentransfer file dari ponsel Android ke PC. Dengan menggunakan SHAREit akan
lebih efektif karena memiliki kecepatan transfer yang sangat cepat.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Backup Data dan File di Android Dengan Mudah, semoga dapat membantu anda dalam mengetahui cara-cara membackup data.

Terima kasih dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu Backup Data?

Backup data adalah proses untuk mencadangankan file dengan memindahkan file sehingga data dapat digunakan kembali jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

Apa Manfaat Backup Data?

Manfaatnya yaitu agar data yang mengalami kerusakan atau hilang masih bisa digunakan.

Aplikasi Backup Data?

Bebrapa aplikasi backup data diantaranya yaitu aplikasi Easy Backup & Restore serta aplikasi helium.