Cara Mencegah Aplikasi Virus dan Malware

1 min read

Tips Mencegah Aplikasi Pembawa Virus dan Malware Di Android – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips cara untuk mencegah dan menghindari aplikasi yang memiliki virus dan malware agar tidak menjangkit ponsel Android kita.

Virus dan malware saat ini tidak hanya menginfeksi perangkat PC. Alasannya, perangkat seluler seperti ponsel dan tablet juga mulai diserang oleh banyak parasit ini.

Android adalah salah satu dari banyak sistem operasi seluler yang telah menjadi target serangan dari virus dan malware.

Selain merugikan, keduanya tentu sangat berbahaya bagi mereka yang menggunakan smartphone atau tablet Android.

Karena itu, jika Anda memiliki perangkat Android, Anda harus tahu cara mencegah aplikasi-aplikasi yang membawa virus dan malware ke perangkat kita. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Cara Mencegah Aplikasi Virus dan Malware Android

tips cara mencegah aplikasi virus dan malware di android

1. Periksa Izin Aplikasi

Selain meminta akses admin, saat memasang izin aplikasi baru juga akan muncul.

Salah satu cara untuk mencegah aplikasi pembawa virus di Android adalah dengan memperhatikan apa yang diminta oleh aplikasi tersebut.

Misalnya, jika Anda menginstal aplikasi pengeditan foto atau game offline, tetapi meminta akses ke kontak dan data seluler, maka Anda harus curiga.

Manfaat bagi Anda pengguna Android v6.0 Marshmallow dapat dengan mudah mengelola izin aplikasi untuk dipasang di menu Pengaturan – Aplikasi – Izin Aplikasi dari setiap aplikasi yang Anda instal.

2. Priksa Kebijakan dan Privasi

Jika Anda menginstal aplikasi Android, aplikasi akan meminta akses admin sehingga dapat berjalan dengan baik di perangkat Android Anda.

Namun, jika Anda menginstal aplikasi pada sumber lain, Anda harus berhati-hati dan membaca kebijakan privasi sebelum memberikan akses Admin.

Ini adalah cara mencegah aplikasi pembawa virus di Android cukup efektif, sehingga Anda dapat mengetahui apakah aplikasi ini benar-benar resmi atau berasal dari pengembang yang tidak berkompeten.

3. Hati-hati Saat Download File Apk Dari Sumber Lain

Biasanya jika pengguna ada aplikasi atau game yang menarik tetapi berbayar, biasanya kita segera mencari file APK untuk mengunduhnya secara gratis.

Kebiasaan ini sebenarnya dimanfaatkan oleh hacker untuk menyusupkan malware di file APK.

Karena itu Anda harus berhati-hati saat ingin mengunduh file APK dari sumber lain agar Android tetap aman.

4. Periksa Ukuran File

Pada saat Anda tidak dapat mengunduh aplikasi di Google Play Store, tentu saja Anda akan mencari toko aplikasi lain untuk mengunduh aplikasi yang Anda inginkan.

Jika Anda memiliki kebiasaan seperti ini, Anda harus memeriksa ukuran file aplikasi terlebih dahulu.

Jika ukurannya tidak sama (bisa lebih besar atau lebih kecil), Anda harus curiga.

Bisa jadi aplikasi tersebut telah disisipi malware atau file tersebut memang malware. Dan tentu akan berbahaya bagi perangkat kita.

Artikel Lainnya :

Nah, itulah beberpa Tips Mencegah Aplikasi Pembawa Virus dan Malware Di Android yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

error: Content is protected !!